KETUA DWP KANWIL SULTRA BERI SEMANGAT DAN MOTIVASI SAAT KUNJUNGAN KASIH KE LPP KENDARI

Lapas Perempuan Kelas III Kendari menerima kunjungan Dharma Wanita Persatuan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara, Kamis (11/08).

Turut hadir dalam kesempatan ini, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kanwil Sultra, Ibu Dwita Silvester yang disambut langsung oleh Kepala Lapas Perempuan Kelas III Kendari, Andi Wirdani Irawati. “Terimakasih kepada ibu-ibu dharma wanita karena telah berkenan dan berkesempatan mengunjungi Lapas Perempuan Kendari, para warga binaan sangat antusias menerima kunjungan kasih seperti ini dari ibu-ibu sekalian”, Ujar Kalapas dalam sambutannya.

WhatsApp Image 2022 08 11 at 17.08.09

Selain melihat kondisi Blok Hunian Lapas Perempuan Kelas III Kendari, Ibu-Ibu Dharma Wanita juga berkesempatan melihat langsung Program Kemandirian yaitu Pembuatan Kue dan Tanaman Hidroponik, serta melihat Pertunjukkan Pekan Olahraga dan Seni warga binaan yaitu lomba menyanyi dan dance.

WhatsApp Image 2022 08 11 at 17.08.09 1

Sementara itu, Ibu Dwita Silvester mengaku sangat senang dan berbahagia karena telah disambut dengan hangat dan penuh suka cita oleh seluruh warga binaan. “Teman-teman warga binaan untuk selalu bersemangat dalam menjalani kehidupan. Semangat yang baik akan memberikan pengaruh kepada hati, pikiran dan perilaku”, ujarnya.

Ibu Dwita juga menyampaikan bahwa kunjungan kali ini merupakan kunjungan kasih sebagai bentuk kepedulian dharma wanita untuk warga binaan. “Kita semua tetap berharga, apapun permasalahannya. Jangan pernah merasa rendah diri, karena kita semua sama. Jadikan seluruh ketrampilan yang diberikan oleh Lapas sebagai bekal ketika keluar nanti”. Tutupnya.

WhatsApp Image 2022 08 11 at 17.08.09 2

Penarikan mahasiswa PPL di Lapas Perempuan Kendari.

Lapas Perempuan Kelas III Kendari melaksanakan kegiatan penarikan dan perpisahan Mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Jumat (11/03). Sebelumnya, sebanyak 7 orang Mahasiswa IAIN telah melaksanakan Kegiatan PPL selama 2 bulan, yang dimulai sejak bulan Januari.

Bertempat di Aula Terbuka Lapas Perempuan, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Dosen Pembimbing Mahasiswa IAIN, Kepala Lapas Perempuan Kelas III Kendari beserta jajaran dan seluruh warga binaan.

Kepala Lapas Perempuan, Andi Wirdani Irawati dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh mahasiswa PPL karena telah banyak membantu dalam proses peningkatan pembinaan warga binaan seperti pemberian ceramah agama dan pendampingan dalam baca tulis Al’quran. “Saya sangat berterima kasih atas seluruh program mahasiswa ppl, semoga kedepannya kerja sama ini tetap belanjut” ujarnya.

WhatsApp Image 2022 03 11 at 16.50.38

Dalam acara tersebut, Mahasiswa PPL memberikan Plakat sebagai cendramata untuk Lapas Perempuan, juga sebagai bentuk simbolis menandakan resminya penarikan mahasiswa PPL IAIN. Selain itu mahasiwa PPL juga memberikan Hadiah lomba yang telah diselenggarakan sebelumnya.

Dihadapan seluruh petugas dan warga binaan, Mahasiwa PPL mengucapkan banyak terima kasih kepada Seluruh Petugas maupun warga binaan karena telah diterima dengan baik. “Kami sangat senang telah diterima dengan baik selama kurang lebih 2 bulan, kami berpesan agar seluruh warga binaan agar tidak melewatkan sholat 5 waktu dan tidak patah semangat untuk tetap belajar” Pesan Helma sebagai perwakilan mahasiwa.

WhatsApp Image 2022 03 11 at 16.50.36

LPP Kendari terus pastikan berikan pelayanan kesehatan prima bagi WBP

Mendapatkan hak kesehatan merupakan hak dasar warga binaan. Hak atas kesehatan tersebut adalah hak untuk memperoleh pelayanan kesehatan serta fasilitas pelayanan kesehatan agar dapat mewujudkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

Dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang prima bagi Warga Binaan Pemasyarakan, Lapas Perempuan Kelas III Kendari terus melaksanakan pemeriksaan kesehatan rutin bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Pemeriksaan ini dilakukan di klinik lapas oleh Tim Medis. Selain melakukan pemeriksaan kesehatan, selama masa pandemi juga dibagikan masker dan vitamin secara rutin kepada warga binaan.

"Pihak kami terus mengupayakan pembagian masker dan vitamin secara rutin kepada WBP sebagai penunjang kesehatan wbp di masa pandemi. Selain itu kami terus memastikan ketersediaan obat-obatan dalam lapas, sehingga WBP yang sakit langsung dapat tertangani oleh tim medis kami," ujar Andi Wirdani, Kepala Lapas Perempuan Kelas III Kendari, Selasa (15/02).

Warga Binaan yang memiliki keluhan atau masalah kesehatan akan diarahkan ke klinik untuk mendapatkan pengobatan. Selain itu, setiap 3 hari seminggu, Tim Medis LPP Kendari juga berkunjung langsung ke blok hunian untuk memantau kesehatan warga binaan.

WhatsApp Image 2022 02 15 at 15.59.42
Wirdani menambahkan, hingga saat ini Lapas Perempuan Kelas III Kendari telah melaksanakan program vaksinasi bagi seluruh pegawai dan WBP. "LPP Kendari telah menuntaskan program vaksinasi bagi Petugas dan WBP di tahun 2021. Adapun vaksinasi booster, kami telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Kendari dan tinggal menunggu ketersediaan stok vaksin booster dari Dinkes," tambahnya.

Selain mengupayakan pelaksanaan vaksinasi, Lapas Perempuan Kendari juga telah melaksanakan tes usap (swab) antigen bagi pegawai pada Jumat (08/02) lalu. “Berdasarkan hasil tes usap, beberapa pegawai yang dinyatakan reaktif langsung diarahkan untuk isolasi mandiri dan bekerja dari rumah (Work From Home). Jika nantinya pegawai tersebut telah sembuh, dapat melakukan tes antigen kembali sebelum masuk bekerja seperti biasa,” jelasnya.

Andi Wirdani tak henti-hentinya mengingatkan seluruh jajarannya tetap menjaga kesehatan dan disiplin melaksanakan protokol kesehatan COVID-19. Penting bagi kita untuk menjaga kesehatan diri dengan berolahraga, minum vitamin, dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan pandemi ini segera berlalu,” harapnya.

WhatsApp Image 2022 02 15 at 13.35.49

KOMITMEN CEGAH PEREDARAN NARKOBA DALAM LAPAS, SATOPS PATNAL LPP KENDARI GELAR TES URINE

Dalam Rangka Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran gelap Narkotika (P4GN), Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) Lapas Perempuan Kelas III Kendari kembali menggelar tes urine bagi warga binaan, Selasa (01/03). Bekerja sama dengan Tim Medis Lapas Perempuan, kegiatan yang dilaksanakan di Aula terbuka Lapas Perempuan ini diikuti sebanyak 62 orang warga binaan.

Kegiatan ini dipimpin oleh Ketua Satops Patnal Lapas Perempuan, St. Fatimah dan Kasubsi Keamanan dan Ketertiban, Misyulwati serta didampingi langsung oleh Kepala Lapas Perempuan Kelas III Kendari, Andi Wirdani Irawati. Kegiatan ini dimulai pukul 09.00 WITA dan berjalan lancar dan tertib.

Tes urine ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan secara berkala oleh Tim Satops Patnal. “Kegiatan ini sebagai bentuk deteksi dini untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban, serta untuk mencegah Penyalahgunaan Narkotika di dalam Lapas” Jelas Misyulwati.

WhatsApp Image 2022 03 01 at 16.02.55 1

Hal senada juga diungkapkan oleh Andi Wirdani Irawati “Kegiatan ini merupakan bentuk nyata komitmen Lapas Perempuan Kelas III Kendari untuk mewujudkan Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju yaitu Deteksi Dini Gangguan Kamtib, Berantas Narkoba, dan Bersinergi dengan Aparat Penegak Hukum”.

Selain melakukan tes urine, LPP Kendari juga telah berkoordinasi dengan BNN Prov Sulawesi Tenggara dalam rangka pelaksanaan rehabilitasi. "Kegiatan tes urine maupun rehabilitasi ini merupakan kegiatan positif yang akan terus dilaksanakan secara berkala, guna mewujudkan Lapas Perempuan yang bersih dari narkotika” harapnya

WhatsApp Image 2022 03 01 at 16.02.56

LPP Kendari Panen Ikan Lele Hasil Pembinaan Sektor Perikanan

Lapas Perempuan Kelas III Kendari semakin memantapkan sektor perikanan sebagai program pembinaan dalam lapas. Hal ini dibuktikan dengan panen ikan lele hasil budidaya yang dilakukan oleh warga binaan Lapas Perempuan Kelas III Kendari, Selasa (19/01). Pada kegiatan ini turut serta pula Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Sulawesi Tenggara menyaksikan hasil pembinaan LPP Kendari.

LPP Kendari telah memulai budidaya ikan lele sejak Juni 2021. "Dalam kurun waktu 6 bulan tersebut, telah beberapa dilakukan panen lele. Setiap masa panen, hasil budidaya lele ini selalu menjadi incaran para petugas," jelas Andi Wirdani Irawati, Kepala Lapas Perempuan Kelas III Kendari.

WhatsApp Image 2022 01 19 at 13.19.34
Ia menambahkan LPP Kendari juga menaruh perhatian khusus pada pakan lele. "Agar menghasilkan lele yang berkualitas kami memberikan pelet yang bagus yang disebar ke kolam lele secara teratur, pagi dan malam," ujar Wirdani.

Selama ini hasil budidaya lele kemudian dijual kepada pegawai maupun diolah bimbingan kerja dan kantin LPP Kendari. Kalapas Perempuan Kendari berharap hasil budidaya lele ini dapat dipasarkan tidak hanya di dalam lapas, namun juga masyarakat luar. "Kita turut bangga budidaya lele telah membuahkan hasil yang dapat bernilai ekonomi dan bermanfaat bagi pembinaan di Lapas Perempuan Kendari. Kedepannya kita berharap budidaya perikanan di LPP Kendari akan terus berkembang. Tidak hanya dipasarkan di dalam lapas, tapi juga kepada masyarakat luar agar masyarakat dapat merasakan hasil pembinaan yang dilakukan di dalam lapas. Bahkan tidak menutup kemungkinan selain lele akan ada jenis ikan lain yang di budidayakan," harapnya.

WhatsApp Image 2022 01 19 at 13.19.33