Rupbasan Kendari Ikut Pengarahan Menkumham Secara Virtual

Kendari- Kepala Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Kelas I Kendari bapak R. Teja Iskandar A. Md., IP beserta pejabat struktural bapak laode Haeruni, S. AG., S. H. dan ketua Pokja pembangunan Zona Integritas Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Kelas I kendari mengikuti video conference apel pagi bersama menuju era New normal di rangkaian dengan penguatan WBK – WBBM oleh Menteri Hukum dan HAM yang dilaksanakan di Aula Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Kelas I kendari. Senin, 3 Agustus 2020.

Kegiatan ini dimonitoring secara langsung oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Republik Indonesia bapak Prof. Yasonna Hamonangan Laoly, S.H., M.Sc., Ph.D dengan tujuan memberikan penguatan berupa pemotivasian kepada ASN Kumham agar lebih terpacu untuk bekerja lebih keras lagi, dengan meningkatkan dan menjaga integritas, sehingga seluruhnya terbebas dari praktek perbuatan tercela dan mencederai amanah rakyat, kuncinya adalah dengan meningkatkan pemahaman pembangunan zona integritas mulai dari tingkat pimpinan sampai keseluruhan anggota unit kerja.

Mungkin saja kebiasaan kebebasan selama ini kita lakukan akan berupa karena Ditengah-tengah sekarang ini, kita memulai mengejust atau menyesuaikan pola hidup kita dalam kondisi pandemi “saya yakin kedepannya akan ada perubahan gaya hidup berupa lifestyle, berkomunikasi, dan cara bekerja sekarang dalam kondisi pandemi sehingga kita juga harus tetap bekerja seperti biasa dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ucap Yasonna.

Ditutup dengan ucapan bapak Menkumham bahwa program pembangunan Zona Integritas menuju WBK - WBBM yang telah dicanangkan awal tahun 2020 telah memasuki masa evaluasi yang dilakukan Tim Penilai Internal atau TPI, yang tahun lalu diselesaikannya 139 satuan kerja dan berhasilnya 43 satker zona integritas yang terdiri dari 39 satuan kerja WBK dan 4 satuan kerja WBBM.

Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2020 di LPKA Kendari

Kendari- Bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berenca (DP3APPKB) Provinsi Sulawesi Tenggara, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara, serta seluruh Mitra Kerja / Stakeholder, LPKA Kelas II Kendari menyelenggarakan rangkaian kegiatan menyambut Hari Anak Nasional tahun 2020. Kamis (23/7).

Bertempat di aula lantai I LPKA Kelas II Kendari, kegiatan tersebut dimulai sekitar pukul 14.00 WITA dengan menghadirkan Kepala Divisi Pememasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Sulawesi Tenggara, seluruh Kepala UPT Pemasyarakatan jajaran Kendari, Kepala DP3APPKB, Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara, PLT Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov Sultra, perwakilan dari Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Tenggara, perwakilan dari Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Tenggara, para stakeholder, orangtua Anak Binaan serta Anak Binaan yang telah mendapatkan asimilasi.

Berbeda dengan perayaan sebelumnya, peringatan HAN tahun ini harus berhadapan dengan pandemic COVID-19 yang pada akhirnya dapat berimplikasi terhadap Anak dan perempuan. Namun disamping itu, perayaan kali ini diharapkan tidak menyulutkan semangat dalam menyambut HAN tahun 2020 dan dapat dimaknai dengan saling mempererat kepedulian antar sesama, itulah yang diharapkan oleh Kadis P3APPKB ibu Andi Tenre dalam sambutannya siang tadi. “Peringatan HAN tahun ini dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan Anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimis dengna mendorong keluarga Indonesia menjadi lembaga pertama dalam memberikan perlindungna kepada anak,” ungkapnya.

Dari upaya tersebut, dia berharap dapat menghasilkan generasi penerus bagsa yang sehat, cerdas, ceria, berakhlak mulia, dan cinta tanah air. Kesuksesan acara ini juga tak lepas dari keberhasilan kerja sama LPKA Kendari dengan seluruh Stakeholder khususnya DP3APPKB Prov Sultra.

Sementara itu, Kadivpas menekankan pentingnya peran stakeholder bukan hanya saat acar seperti ini, melainkan juga peran merekan dalam pembinaan kepribadian maupun keterampilan Anak Binaan LPKA Kendari. "Saya ucapkan terima kasih kepada para stakeholder yang telah membinaan Anak Binaan LPKA Kendari hingga saat ini. Pembinaan tanpa dukungan Stakeholder tidak akan mampu berjalan,” ungkapnya.

Perayaan HAN kali ini LPKA Kendari memberikan kendali penuh kepada Anak-Anak Fastra dan Anak Binaan LPKA Kendari dalam menjalankan serta berpartisipasi langsung dalam acara tersebut . Beberapa penampilan dari Fastra juga Anak Binaan LPKA Kendari pun dijadikan persembahan dalam acara tersebut salah satunya yakni pentas seni drama teatrikal.

Ada pula kegiatan basuh kaki yang dilakukan oleh Anak Binaan kepada para Orang Tua mereka masing-masing yang merupakan rangkaian kegiatan dari peringatan HAN kali ini.

Peringatan HAN kali ini dirangkaikan dengan pembacaan remisi anak serta penyerahan bantuan berupa peralatan olahraga oleh DP3APPKB yang diserahkan langsung oleh Kadivpas juga Kadis P3APPKB Prov Sultra.

Selain itu, acara ini dirangkaikan pula dengan peresmian perpustakaan LPKA Kendari yang bernama “Pustaka Haluoleo” yang tata ruangnya didesain langsung oleh para pegawai senior dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov Sultra.

Pustaka Haluoleo diresmikan langsung oleh PLT Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov Sultra, Kepala Dinas P3APPKB, Kadivpas kanwil Sultra, serta Kepala LPKA Kelas II Kendari.

IMG 20200723 WA0150IMG 20200723 WA0150

Kepala Rupbasan Kendari Ikut PKP Secara Virtual

Kendari- Kepala Rumah Penyimpanan Benda Sitaan (Ka. Rupbasan) Kelas I Kendari, R. Teja Iskandar A. Md, IP mengikuti pelatihan kepemimpinan pengawas (PKP) angkatan CXCII Tahun 2020 secara virtual di Rupbasan Kendari, Senin (13/7).

Kegiatan ini dibuka oleh kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan Ham (BPSDM HUKUM dan HAM) dengan tujuan untuk melakukan pembangunan sumber daya manusia secara teknis. Kegiatan ini dilaksanakan selama sembilan puluh enam hari lamanya.

Dengan resminya dibuka kegiatan PKP angkatan CXCII tahun 2020 yang diikuti juga oleh pejabat struktural kementerian Hukum dan HAM seindonesia. Berkaitan dengan manajemen sipil, sebagai pejabat struktural harus memiliki kompetensi manajerialmanajerial yang dibutuhkan dalam rangka penyelenggaraan pemerintah Hukum dan HAM baik pusat maupun daerah dalam peraturan perundang-undangan. "Proses pengembangan sumber daya manusia khususnya ASN kembali mengalami perubahan pada era globalisasi ini, hanya organisasi yang mampu melakukan perbaikan dan perubahan secara terus menerus dalam pembentukan keunggulan kompetitif yang mampu untuk bertahan dan kemudian berkembang," ungkap Kepala BPSDM HUKUM DAN HAM.

Dengan memenuhi standar menejerial akhir dari pelatihan ini sehingga dapat membentuk seorang pemimpin yang memiliki kompetensi yaitu pengetahuan, keterampilan, atau perilaku seorang aparatur sipil negara yang diamati, diukur dan dibebankan dalam melaksanakan tugas jabatannya, sehingga melahirkan mutu profesionalitas yang tinggi. ASN juga harus memiliki kriteria nasionalisme, integritas, hospitality, networking, Teknologi Informasi, dan mampu berbahasa inggris (bahasa asing) serta memiliki jiwa interpreneursip. Arahan dari Menteri Hukum dan HAM untuk dapat melakukan pengembangan kompetensi seiring dengan kemajuan perkembangan dunia yang dinamis disubsi, yaitu era masyarakat yang kegiatannya hanya didunia nyata beralih ke dunia maya.

IMG 20200713 WA0052

Cegah HIV , Rutan Kolaka Screening 107 Warga Binaan

Kendari- HIV AIDS telah menjadi penyakit yang paling menakutkan bagi dunia. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Human Immunodeficiency ini akan menyebabkan tubuh penderita memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah sehingga memungkinkan penyakit yang lain untuk masuk.

Mengantisipasi hal tersebut, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kolaka bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kolaka, melakukan Screening HIV terhadap 107 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Aula Rutan Kolaka, Rabu (15/7).

Screening tersebut kata Kepala Rutan (Karutan) Kolaka, Darwan, mengungkapkan bahwa screening tersebut merupakan salah satu bentuk kerja sama dengan Instansi Pemerintah dalam mencegah Penularan HIV. "Ini adalah salah satu bentuk kerja sama kami dengan Instansi pemerintah dalam mencegah penularan HIV di dalam Rutan. Tentu kerja sama seperti ini harus terus dibangun," kata Darwan.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan (Kasubsi Yantana) Rutan Kolaka, Sri Ika Andhayani menambahkan bahwa program ini juga sebagai bentuk pelayanan terhadap WBP Rutan Kolaka. "Kegiatan ini adalah bentuk pelayanan kami terhadap warga binaan kami. Screening tentu menjadi penting sebagai langkah awal dalam upaya mengantisipasi penularan HIV didalam Rutan," jelasnya.

Dari hasil screening tersebut, seluruh Warga Binaan yang melakukan tes diketahui Non Reaktif.

IMG 20200716 WA0005

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh, Rutan Kolaka Bagikan Multivitamin

Kolala- Daya Tahan Tubuh di tengah Wabah seperti saat ini merupakan hal yang sangat penting karena dapat mencegah tubuh terpapar dari virus. Hal inilah yang menjadi salah satu fokus utama Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kolaka untuk mencegah Pegawai Dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dari paparan Virus Corona.

Terkait hal ini, Kepala Rutan (Karutan) Kolaka, Darwan, didampingi oleh Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Pelayanan Tahanan (Yantana), Sri Ika Andhayani, beserta staf Yantana, membagikan Multivitamin kepada seluruh Pegawai dan WBP di Lapangan Kantor Rutan Kolaka, Jumat (26/6).

IMG 20200629 WA0024

Darwan mengungkapkan bahwa hal ini merupakan salah satu usaha Rutan Kolaka untuk menjaga seluruh pegawai dan warga binaan untuk tetap dalam kondisi sehat agar tidak mudah terpapar virus. "Sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Apalagi dalam keadaan seperti sekarang ini, saya harap dengan multivitamin ini, bisa lebih memperkuat daya tahan tubuh. Bisa membuat tubuh lebih sehat. Karena seperti yang kita tahu, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat," ungkapnya.

Sementara itu, Sri Ika juga menjelaskan bahwa multivitamin tersebut dibagikan untuk seluruh pegawai dan warga binaan. "Kita bagikan untuk seluruh pegawai dan warga binaan. Jadi yang kita bagikan itu ada tiga macam. Yang pertama Caviplex, Kemudian HB-Vit dan Arkavit-C,"jelasnya.

Diakhir kegiatan, Darwan mengajak seluruh warga binaan untuk mengampanyekan Hidup Tanpa Narkoba dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional yang jatuh pada 26 Juni 2020.

IMG 20200629 WA0025