Kapolres Kolaka Apresiasi Usaha Rutan Kolaka Dalam Pencegahan Covid-19

Kolaka- Tidak bisa dipungkiri bahwa sinergitas antara aparat penegak hukum merupakan suatu hal yang penting. Tidak terkecuali di saat-saat merebaknya virus corona seperti sekarang ini. Sejalan dengan hal itu, Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Kolaka, AKBP. Saiful Mustofa, SIK, M.Si, melakukan kunjungan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kolaka dalam rangka Koordinasi dan Antisipasi Gangguan Keamanan dan Ketertiban di tengah merebaknya virus Covid-19, Senin (13/4).

IMG 20200413 WA0059

Dalam kunjungan tersebut, Saiful diterima langsung oleh Kepala Rutan (Karutan) Kolaka, Darwan, SH., MH, bersama-sama mengecek kondisi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kolaka. Saiful menilai Rutan Kolaka telah melakukan langkah-langkah yang tepat dalam pencegahan Covid-19."Tadi sudah jalan-jalan di temani pak Karutan juga. Hasil kunjungan kami Alhamdulillah baik. Rekan-rekan anggota jaga juga sudah melakukan langkah-langkah yang baik," kata Saiful.

Dia berharap situasinya bisa selalu aman dan terkendali. "Saya harap juga semua bisa memahami kondisi yang ada sekarang ini, terutama dari warga binaan juga," tambahnya.

Sementara itu, Darwan mengatakan bahwa Rutan Kolaka telah melakukan langkah-langkah pencegahan covid-19 sesuai SOP dan arahan pemerintah. "Untuk langkah-langkah pencegahan Alhamdulillah kita sudah laksanakan sesuai SOP dan arahan pemerintah juga. Contohnya kita sudah sediakan tempat untuk mencuci tangan, kita sediakan bilik sterilisasi, pemeriksaan suhu tubuh, pembagian masker untuk petugas dan warga binaan juga kemarin kami telah laksanakan. Kemudian yang paling penting itu interaksi orang dari luar terhadap warga binaan kami semaksimal mungkin kami kurangi," jelasnya.

IMG 20200413 WA0057

Puncak HDKD, Rutan Kolaka Gelar Upacara

Kolaka- Setelah sebulan lamanya menggelar berbagai kegiatan menjelang Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) yang Ke-74 ,hari ini rabu (30/10), Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kolaka menggelar Upacara Peringatan Hari Dharma Karyadhika yang ke-74 yang sekaligus menjadi Puncak dari segala kegiatan sebulan terakhir. Upacara ini diikuti oleh seluruh Pegawai, Dharma Wanita dan Warga Binaan Rutan Kolaka.

IMG 20191030 WA0153 Kepala Rutan Kolaka, Abas Ruchandar dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan HDKD 2019 ini bertemakan “Transformasi Meraih Kinerja Pasti”. "Upacara hari ini bertemakan Transformasi Meraih Kinerja Pasti dengan tujuan memupuk jiwa korsa keluarga besar pengayoman melalui kebersamaan dan silaturahmi," kata Abas.

IMG 20191030 WA0158 Pada kesempatan tersebut, Abas menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang sudah berkontribusi dalam semua kegiatan selama sebulan terakhir. "Kepada semua pihak yang sudah membantu selama ini, saya pribadi mengucapkan rasa terima kasih yang sebesar besarnya. Berkat bantuan semua pihak selama ini, seluruh kegiatan bisa terlaksana dengan baik", Tutur Abas Sehari sebelumnya, Rutan Kolaka menggelar Jalan Santai yang diikuti oleh seluruh pegawai serta Dharma Wanita Rutan Kolaka.

IMG 20191030 WA0156

Kunjungi Panti Asuhan, Rutan Kolaka Serahkan Sejumlah Bantuan

Kolaka- Bakti Sosial adalah satu diantara banyak kegiatan yang diagendakan menjelang puncak Hari Dharma Karyadhika akhir Oktober nanti. Dalam Kegiatan Bhakti Sosial ini, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kolaka melakukan kunjungan ke Panti Asuhan Purna Karya Watalara pada pagi tadi, Rabu (9/10). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai serta dharma wanita Rutan Kelas IIB Kolaka. Kedatangan rombongan Rutan Kolaka ini di sambut gembira oleh seluruh anak serta pengurus di Panti Asuhan Purna Karya tersebut.

IMG 20191009 WA0038 Darminingsih, salah satu pengurus panti mengungkapkan rasa terima kasihnya saat menyambut Kepala Rutan Kolaka, Abas Ruchandar beserta rombongan di ruang pengurus panti. "Kami sangat bersyukur atas kedatangan bapak. Bantuan yang diberikan Rutan Kolaka seperti inilah yang kami sangat butuhkan. Insya Allah bantuan ini kami akan manfaatkan sebaik mungkin," ungkap Ningsih.

IMG 20191009 WA0039 Harapan yang sama disampaikan oleh Abas saat menyerahkan bantuan berupa bahan pokok kepada pengurus panti. "Bantuan ini adalah wujud nyata atas kepedulian kami terhadap adik adik di panti asuhan ini. Kami berharap bantuan ini dapat bermanfaat dan Dapat digunakan sebaik mungkin," tutur Abas. Abas menambahkan bahwa kegiatan ini juga untuk mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat serta dharma wanita Rutan Kolaka. "Untuk dharma wanita juga ikut kami libatkan dalam kegiatan ini. Tentu kami harap kegiatan seperti ini dapat mempererat tali silaturahmi antara pegawai dan dharma wanita terlebih lagi dengan masyarakat," tambah Abas.

IMG 20191009 WA0041 Bantuan yang di serahkan kepada panti asuhan berupa bahan pokok, pakaian dan sejumlah dana sumbangan dari Pegawai Rutan Kolaka.

IMG 20191009 WA0040

Ziarah TMP, Karutan: Momentum Tumbuhkan Sikap Nasionalismen

Kolaka- Masih dalam rangkaian kegiatan menjelang Hari Dharma Karyadhika ke-74 Tahun 2019, Jum'at pagi (25/10 ), rombongan Pegawai dan Dharma Wanita Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kolaka melakukan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Watalara.

IMG 20191025 WA0168 Kegiatan ini di awali dengan Upacara Penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur yang dipimpin langsung oleh Kepala Rutan Kolaka, Abas Ruchandar , kemudian dilanjutkan dengan kegiatan peletakan karangan bunga serta tabur bunga di makam Pahlawan.
Menurut Abas, kegiatan ini sebagai bentuk penghargaan terhadap Jasa dan Perjuangan yang telah diberikan para pahlawan untuk indonesia. "Ziarah ke makam pahlawan seperti ini sebagai bentuk upaya untuk menghargai jasa dan perjuangan para pejuang yang telah di berikan untuk Indonesia," tutur Abas

IMG 20191025 WA0169 Abas menambahkan, ziarah ke Makam Pahlawan juga sebagai media untuk menumbuhkan sikap nasionalisme . "Kegiatan seperti ini juga menjadi sangat penting untuk dilakukan, sebab hal ini dapat kita jadikan sebagai media untuk menumbuhkan sikap nasionalisme pada masyarakat khususnya pada pegawai Rutan Kolaka sendiri," lanjut Abas.

IMG 20191025 WA0170 Setelah kegiatan ini, Rutan Kolaka masih akan menggelar satu kegiatan lagi sebelum puncak Peringatan Hari Dharma Karya Dhika pada tanggal 30 Oktober 2019 nanti.

Laksanakan Ekspose, LPP Kendari Ajukan Pendampingan Pembangunan ke BPKP Sultra

Kendari- Kepala Lapas Perempuan Kelas III Kendari mengadakan ekspose terkait progress pembangunan Gedung dan Bangunan Lapas Perempuan Kelas III Kendari, Senin (30/9), bertempat di Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara. Ekspose ini merupakan tindak lanjut atas permohonan pendampingan proses pembangunan yang sebelumnya telah diajukan oleh Lapas Perempuan Kelas III Kendari.

IMG 20191003 WA0153 "Permintaan pendampingan, kami ajukan mengingat adanya perjanjian kerjasama yang telah dijalin Badan Pengawas Keuangan Pusat dan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Oleh karena itu, kami mengajukan permintaan pendampingan guna memastikan selama pembangunan Gedung dan Bangunan Lapas Perempuan Kendari dilaksanakan sesuai standar dan ketentuan yang berlaku," jelas Rita Ribawati, Kepala Lapas Perempuan Kelas III Kendari. Agus Dwi Praptama, Koordinator Pengawas Bidang Instansi Pemerintah Pusat (Korwasbid IPP) BPKP Sultra menyatakan Kegiatan Ekspose ini merupakan langkah awal sebelum dilakukan peninjauan langsung ke lapangan. "Pada Ekspose ini dipaparkan perencanaan, pelaksanaan, juga pengawasan selama proyek berlangsung. Ekspose ini bertujuan untuk menetapkan secara pasti lingkup pekerjaan yang akan dilakukan," jelasnya.

IMG 20191003 WA0152 Rita berharap lewat pendampingan oleh BPKP, pembangunan LPP Kendari berjalan sesuai standar dan ketentuan yang berlaku. “ Kita harap, kedepannya Gedung dan Bangunan Lapas Perempuan Kendari memiliki kualitas yang baik, serta administrasi pelaporan sesuai ketentuan yang berlaku,” tutupnya.