Bimtek Penyusunan Analisis Beban Kerja melalui Aplikasi e-ABK

Bimtek Penyusunan Analisis Beban Kerja melalui Aplikasi e-ABK

Kendari – Biro Perencanaan (Biroren) Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia (Setjen Kemenkumham RI) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Beban Kinerja melalui Aplikasi e-ABK kepada perwakilan dari tiap Divisi dan Satuan Kerja dilingkungan Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tenggara. Perwakilan dari Biroren hadir sebagai narasumber pada kegiatan yang dilaksanakan di aula Kantor Wilayah, Selasa (27/9/2022).

“Analisis Beban Kerja (ABK) sebagai bahan untuk mengukur beban kerja pegawai yang mana muaranya pada optimalisasi kinerja unit kerja di lingkungan kumham sultra. Selain itu, ABK ini menjadi salah satu data dukung yang diperlukan dalam menunjang pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani,” terang Kepala Bagian Umum Ahmad Sahrun dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan.

Narasumber menjelaskan bahwa terdapat 3 hal yang melatarbelakangi kegiatan ini, yaitu penyusunan formasi pegawai agar sesuai dengan kebutuhan pelaksanaan tugas dan fungsi; penataan organisasi berdasarkan beban kerja sehingga beban kerja organisasi tidak berlebih; dan penataan sumber daya manusia.

“Suatu unit organisasi membutuhkan jabatan-jabatan yang dalam hal ini dilihat dari peta jabatan. Untuk Jabatan fungsional sudah ada butir kegiatan namun pelaksana butir kegiatan masih berbeda-beda setiap jabatannya. Oleh karena itu, Kemenkumham sedang mengupayakan standarisasi jabatan dimana dasarnya adalah melalui analisis jabatan dan analisa beban kerja nya,” pungkas Januar salah satu narasumber yang hadir.

Selain Bimtek mengenai penyusunan beban kerja, Perwakilan Biroren juga melaksanakan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Penyusunan Analisis Beban Kerja melalui Aplikasi e-ABK di lingkungan Kantor Wilayah. Monev ini dilakukan sebagai tindaklanjut hasil penyusunan Analisis Beban Kerja melalui aplikasi e-ABK yang telah dilaksanakan oleh masing-masing satuan kerja.

Kepala Bagian Umum dan Kepala Subbagian Subbagian Kepegawaian, Rumah Tangga dan Tata Usaha beserta staf turut hadir pada kegiatan tersebut.

WhatsApp Image 2022 09 27 at 08.47.13

WhatsApp Image 2022 09 27 at 08.47.13 1

WhatsApp Image 2022 09 27 at 10.52.08


Cetak   E-mail