Fasilitasi WNI Yang Akan Menikah Di China, Kanwil Sultra Serahkan Sertifikat Apostille

KENDARI - Kepala Kantor Wilayah diwakili oleh Kepala Subbidang Pelayanan Kekayaan Intelektual Pandapotan Harahap menyerahkan sertifikat Apostille kepada Warga Negara Indonesia (WNI) sebagai syarat kelengkapan dokumen dalam melaksanakan pernikahan di negara China bertempat di self service Kanwil Sultra, Kamis (23/11).

IMG 20231123 WA0037

Pencetakan sertifikat Apostille di Kantor Wilayah Sulawesi Tenggara merupakan kesekian kalinya dimana penerbitan pencetakan sertifikat Apostille perdana dilakukan sejak bulan Oktober 2023 lalu. 

 

Layanan Legalisasi Apostille sudah dapat diakses oleh publik sejak tanggal 4 Juni 2022 sejalan dengan ketentuan Pasal 12 Konvensi Apostille, dan diluncurkan secara resmi pada 14 Juni 2022 oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Bahkan saat ini sudah dapat di akses secara online melalui laman Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) online.

 

Untuk dokumen Apostille itu sendiri sudah bisa diambil di Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Tenggara yang beralamat di Jl. Abunawas No.VII, Bende, Kec. Kadia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, 93461.

 

Layanan Apostille hadir untuk menyederhanakan proses legalisasi atas dokumen publik yang diterbitkan di Indonesia dengan menghapuskan tahapan legalisasi oleh Kementerian Luar Negeri dan Kedutaan/Konsuler. Jadi, prosesnya lebih mudah hanya satu langkah, yaitu melalui penerbitan Sertifikat Apostille oleh Kemenkumham.

 

Apabila masyarakat membutuhkan informasi lebih lanjut bisa juga datang secara langsung ke Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra atau bagi yang berdomisili di Sulawesi Tenggara dapat mengunjungi Loket Layanan AHU Kanwil Kemenkumham Sultra yang saat ini di bawah pimpinan Kakanwil Silvester Sili Laba.

 

Kanwil Kemenkumham Sultra | Silvester Sili Laba

#SesitahunanAALCO61 #yasonnalaoly #kemenkumhamri #kumhamsultra #silvestersililaba


Cetak   E-mail