Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Kuatkan Tugas dan Fungsi, Reformasi Birokrasi serta Capaian Kinerja Kanwil Kemenkumham Sultra

Menjelang akhir tahun 2023, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Dr. Lucky Agung Binarto, S.H., C.N., M.H., mengunjungi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tenggara, dalam rangka Penguatan Pelaksanaan Tugas dan Fungsi serta Reformasi Birokrasi. Kamis (30/11/2023)

d19ef3cb 6fd2 4a90 990f 62bc2e0e2b6d

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Wilayah ini secara langsung dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sultra Silvester Sili Laba, Kepala Divisi Pemasyarakatan H Muslim, Kepala Divisi Keimigrasian Sjachril, Kepala Divisi Administrasi Sunu Tedy Maranto, Kepala Unit Pelaksana Teknis Se-Sultra, Pejabat Administrator dan Pengawas serta dihadiri secara virtual oleh seluruh Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara.

Kegiatan Penguatan Pelaksanaan Tugas dan Fungsi serta Reformasi Birokrasi diawali dengan sambutan Kepala Kantor Wilayah Silvester Sili Laba, dimana beliau mengucapkan selamat datang serta terima kasih atas kedatangan Bapak Lucky Agung Binarto di Bumi Anoa Sulawesi Tenggara khususnya kanwil Kemenkumham Sultra.

75ad1545 f021 40e7 92b6 27440582f234

Saat ini Kanwil Kemenkumham Sultra terus berupaya meningkatkan kinerja organisasi dalam rangka mendukung tercapainya tujuan organisasi. "Saat ini Kanwil Sultra terus berupaya meningkatkan kinerja organisasi melalui pelaksanaan tugas dan fungsinya, berbagai upaya terus ditingkatkan dalam rangka mendukung tercapainya tujuan organisasi," ujar Silvester.

Hal ini didukung dengan capaian Kanwil Kemenkumham Sultra yang mampu memperoleh Predikat P2HAM Terbaik Nomor 1 Secara Nasional diantara kantor wilayah lainnya serta secara langsung menerima penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna H. Laoly.

Lebih lanjut Kakanwil menambahkan, setelah Kanwil Kemenkumham Sultra memperoleh predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di Tahun 2021, kemudian disusul Bapas Kendari pada tahun 2022, dan Kanim Kelas I TPI Kendari pada tahun 2023. Serta tahun ini Kanwil Sultra yang sedang mengikuti kontestasi WBBM dan Bapas Baubau pada konsistensi WBK.

Kemudian kakanwil juga menyampaikan bahwa pada kanwil Sultra memiliki sebuah gagasan dan inovasi yang tertuang pada Aplikasi Sistem Laporan Informasi Layanan Berbasis Aplikasi (SILILABA), dimana pada aplikasi tersebut tertuang seluruh informasi terkait kanwil Sultra

"Aplikasi SILILABA ini merupakan terobosan dalam dunia digital untuk memberikan transparansi, baik informasi Lapas/Rutan, Bapas serta Keimigrasian, karena Aplikasi ini berisikan informasi kehadiran pegawai perharinya, Data Warga Binaan Pemasyarakatan, jumlah kunjungan di lapas/rutan, jumlah pembuatan paspor serta jumlah Warga Asing yang masuk di Sulawesi Tenggara dan dapat diakses oleh masyarakat" ungkap kakanwil

32d9bd35 83b9 4c7b 8c04 dd8012e159b8

Selanjutnya mengawali Penguatan Tugas dan Fungsi, Reformasi Birokrasi, dan Peningkatan Capaian Kinerjanya Tahun 2023, Dr. Lucky Agung Binarto mengajak seluruh jajaran kanwil Kemenkumham Sultra menggelorakan semangat Yel-yel Salam Pancasila dan Salam Pembaharuan ”Kami PASTI", sebagai Wujud Intergitas dan Semangat Pegawai Kemenkumham.

Kemudian Dr. Lucky Agung Binarto menyampaikan Ada 3 arahan presiden Joko Widodo terhadap Reformasi Birokrasi. "Birokrasi yang berdampak kepada masyarakat, Reformasi Birokrasi bukanlah tumpukan kertas dan Birokrasi harus Lincah dan Cepat, ini 3 hal yang menjadi amanat presiden Tentang Reformasi Birokrasi," kata Lucky.

Sahli Bidang Ekonomi dalam arahannya mengatakan bahwa kedatangan ke Sulawesi Tenggara merupakan dalam rangka silaturahmi dan penguatan serta ingin melihat secara langsung kondisi teman-teman dilapangan.

Dalam Penguatan Reformasi Birokrasi oleh Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi, Terkait Reformasi Birokrasi Tematik, Dr. Lucky menyampaikan tujuan dari RB Tematik ialah mempercepat manfaat program pembangunan agar dapat dirasakan langsung oleh masyarakat serta mempercepat penyelesaian permasalahan. RB Tematik berfokus pada percepatan Pelaksanaan Agenda Pembangunan Nasional yang memliki Sasaran Strategis RB sebagai pengentas kemiskinan dan Digitalisasi Administrasi Pemerintah.

Lucky menambahkan, Tujuan RB sendiri adalah Birokrasi yang Bersih, Efektif dan Berdaya Saing mendorong Pembangunan Nasional dan Pelayanan Publik.

"Tujuan RB yakni terciptanya birokrasi yang bersih, efektif dan berdaya saing guna mendorong pembangunan nasional dan pelayanan publik," terangnya

b56f4ea7 8777 4ab6 9b8c d7be64dd5395

f081ff4c 6d0a 4607 b119 718afb06d901

cd349030 7037 44c3 bb2c b1cf21aab103


Cetak   E-mail