Tingkatkan SDM Jajaran Terkait SAKIP, Kanwil Kemenkumham Sultra Gelar Bimtek LKIP

Kendari- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenkumham Sultra) selenggarakan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) yang akan dilaksanakan 15 - 17 Juni 2022.  Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) yang lebih berkualitas.  Hal ini sejalan dengan kebutuhan masyarakat akan informasi pelaksanaan kinerja jajaran Kanwil Kemenkumham Sultra yang semakin meningkat.

Kegiatan dilaksanakan secara hibryd, diikuti oleh 37 orang peserta yang terdiri dari seluruh Satuan Kerja di jajaran Kanwil Kemenkumham Sultra, kegiatan dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba turut mendampingi Kepala Divisi Administrasi, Susilo Purwanto, dan Kepala Divisi Pemasyarakatan, Muslim.

IMG 20220615 140634

Dalam sambutannya, Kakanwil mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan memberikan manfaat pada kemajuan pelaksanaan reformasi  birokrasi,  khususnya dalam hal Penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah. "Agar semuanya lebih memahami dan mendalami apa itu LKIP?, jangan hanya diserahkan ke staf, para kepala UPT agar senantiasa melakukan monitoring dan evaluasi pencapaian kinerja secara rutin," ungkap Silvester.

Berdasarkan amanat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH.04.PR.03.01 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyusunan Laporan Kinerja di Lingkungan Kemenkumham, lanjutnya, penyusunan LKIP ditujukan untuk mewujudkan tingkat akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap penggunaan anggaran dalam rangka terwujudnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil.

Dalam kesempatan itu, Kakanwil minta  kepada semua Satuan Kerja untuk segera melakukan pembenahan, mengambil langkah-langkah korektif pada masing-masing unit kerja sehingga apa yang menjadi tujuan dari Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dapat segera terwujud. "Saya minta semua Satuan Kerja agar bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini, sehingga pada gilirannya nanti dapat tersusun LKIP yang Akuntabel dan SMART sesuai dengan pedoman. Mudah-mudahan hari ini dapat menjadi awal yang baik bagi kemajuan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara yang kita cintai ini," tutupnya.

IMG 20220615 140619


Cetak   E-mail