Tutup Rangkaian MIC Tahun 2023, Kanwil Kemenkumham Sultra Berikan Penghargaaan Mitra Kerja Award

Tutup Rangkaian MIC Tahun 2023, Kanwil Kemenkumham Sultra Berikan Penghargaaan Mitra Kerja Award

Kendari – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tenggara memberikan Penghargaan “MITRA KERJA AWARD” kepada Lembaga dan Individu yang mendorong penyebarluasan informasi tentang Pelindungan Kekayaan Intelektual dan Kekayaan Intelektual Komunal di Sulawesi Tenggara Dan Sertifikat Pusat Perbelanjaan Berbasis Kekayaan Intelektual.

Penghargaan ini diberikan saat kegiatan Mobile Intellectual Property Clinic (Klinik Kekayaan Intelektual Bergerak) Tahun 2023 Sulawesi Tenggara, Selasa (26/9/2023). MIC merupakan program Unggulan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM R.I yang mendorong potensi Kekayaan Intelektual Indonesia dari segi kuantitas maupun kualitas permohonan.

Acara diawali dengan Laporan Pelaksana Kegiatan oleh Kepala Kantor Wilayah Sulawesi Tenggara, Silvester Sili Laba, yang menyampaikan Mobile Intellectual Property Clinic di Provinsi Sulawesi Tenggara diselenggarakan melalui sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah daerah, perguruan tinggi, dan pemangku kepentingan lainnya.

“Atas sinergi dan kolabarasi semua pemangku kepentingan tadi, pada Tahun 2022 Sulawesi Tenggara meraih Peringkat Pertama atas Jumlah Permohonan Kekayaan Intelektual Komunal Tervalidasi dan Peringkat Kedua atas Jumlah Permohonan Kekayaan Intelektual Komunal Tervalidasi pada tahun 2023,” ungkap Silvester.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara H. Abdurrahman Saleh, S.H., M.H. dan Wakil Rektor III, Dr. Nur Arafah, SP., M.Si.

Pada kesempatan yang sama Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM R.I., Min Usihen, S.H.,M.H, memberikan Surat Pencatatan Inventarisasi Kekayaan Intelektual Komunal dan dilanjutkan dengan Pemberian Penghargaan kepada Pemerintah Daerah Permohonan Kekayaan Intelektual dan Kekayaan Intelektual Komunal terbanyak.

Pejabat Gubernur Sulawesi Tenggara, Komjen Pol. (P) Dr. (H.C.) Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H., turut menerima penghargaan atas Peringkat Kedua atas Jumlah Permohonan Kekayaan Intelektual Komunal Tervalidasi pada tahun 2023 mewakili Pemerintah Provinsi Sultra.

Andap berharap kegiatan ini mampu memotivasi serta meningkatkan semangat dari setiap inovasi dan kreativitas masyarakat Sulawesi Tenggara khususnya kepada generasi muda. “Bahkan mampu membangun dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Sulawesi Tenggara serta mampu mempertahankan tradisi, adat istiadat serta kekayaan intelektual yang masih ada di Sulawesi Tenggara,” ungkapnya.

Dirjen Kekayaan Intelektual menyampaikan bahwa kegiatan MIC ini merupakan salah satu rangkaian dari Rencana Strategis DJKI Tahun 2020-2024 yang bertujuan untuk memberikan layanan kekayaan Intelektual yang lebih dekat dengan masyarakat.

“Tujuan dari MIC adalah Meningkatkan kesadaran dan kemandirian masyarakat sulawesi tenggara, serta meningkat pertumbuan atas kesadarah kekayaan intelektual baik secara kualitas maupun kuantitas sekaligus memperkenalkan program yang diadakan oleh DJKI” Ungkap Min Usihen.

Penghargaan ini diberikan Oleh Dirjen Kekayaan Intelektual didampingi Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Sultra. Berikut daftar penerima Penghargaan Mitra Kerja Award Kanwil Kemenkumham Sultra:

  • Universitas Halu Oleo;
  • Universitas Muhammadiyah Kendari;
  • Universitas Sulawesi Tenggara;
  • Universitas Manda Waluya
  • Institut Agama Islam Negeri Kendari;
  • Politeknik Kesehatan Kemenkes Kendari
  • Universitas Sembilanbelas November;
  • Universitas Muhammadiyah Buton;
  • Universitas Dayanu Ikhsanuddin;
  • Kamar Dagang dan Industri Provinsi Sulawesi Tenggara;
  • Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara;
  • Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Sulawesi Tenggara;
  • Kendari Pos
  • Bapak dr. H. Laode Muhammad Izat Manarfa (Sultan Buton)
  • Ibu Fatmayani Harli Tombili

Dengan adanya kerja sama dengan stackholder dari DJKI serta Kolaborasi dalam Mobile IP Clinic baik dari Pemerintah Daerah, Perguruan tinggi, Kementerian hukum dan HAM serta Komunitas Penggiat Kekayaan Intelektual diharapkan mampu memenuhi setiap kebutuhan dan harapan masyarakat dalam memberikan pelayanan dari kekayaan intelektual bagi masyarakat Sulawesi Tenggara dan Masyarakat Bangsa Indonesia.


Cetak   E-mail