LPP Kendari kembali gandeng BLK Kendari adakan pelatihan pembinaan kemandirian

Lapas Perempuan Kelas III Kendari terus berupaya memberikan pelatihan pembinaan kerohanian maupun kemandirian bagi warga binaan. Untuk itu, LPP Kendari kembali menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Kendari guna melaksanakan kegiatan pembinaan keterampilan dan kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan bertemakan "Kreasi Etnik Sulawesi Tenggara." Pembukaan kegiatan dilaksanakan Selasa, (15/06) bertempat di Aula Terbuka LPP Kendari oleh Kepala Lapas Perempuan Kelas III Kendari, didampingi oleh perwakilan dari BLK Kota Kendari dan Kepala Subseksi Pembinaan LPP Kendari.

WhatsApp Image 2021 06 15 at 14.14.49
Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari kedepan dengan jumlah peserta kegiatan adalah 20 orang. "Pada giat pelatihan kreasi etnik ini, warga binaan akan belajar keterampilan membuat bosara dan tempat tisu dari kain tenun khas Sulawesi Tenggara. Selain itu, warga binaan juga akan diberikan sertifikat yang dapat digunakan warga binaan jika nantinya telah selesai menjalani masa pidana di LPP Kendari," jelas Kepala Lapas Perempuan Kendari, Andi Wirdani Irawati.

WhatsApp Image 2021 06 15 at 14.14.51
Dalam sambutannya, Andi Wirdani juga mengharapkan agar wbp mengikuti kegiatan dengan sungguh-sungguh serta menyerap semua ilmu yang diajarkan selama pelatihan berlangsung. “Kegiatan ini merupakan upaya peningkatan kualitas hidup WBP menjadi SDM unggul melalui pembinaan keterampilan dalam lapas. Kami berharap ilmu yang didapatkan disini dapat menjadi bekal bagi mereka untuk mampu berkarya dan mandiri," harapnya.

WhatsApp Image 2021 06 15 at 14.15.15
Pelatihan bagi WBP Lapas Perempuan Kelas III Kendari ini merupakan penerapan model pembinaan berbasis kompetensi berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 35 Tahun 2018 tentang Revitalisasi Penyelenggara Pemasyarakatan.

LPP dan LPKA Kendari Kolaborasi Razia Blok Hunian LPP Kendari

Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas III Kendari dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Kendari melakukan penggeledahan blok dan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) LPP Kendari, Senin malam (14/06). Penggeledahan gabungan ini dipimpin oleh Kepala Lapas Perempuan Kelas III kendari, Andi Wirdani. Penggeledahan ini melibatkan LPKA Kendari sebagai bentuk kolaborasi dan sinergi antar Satops Patnal unit pelaksana teknis dalam menjaga keamanan dan ketertiban di dalam lapas.

WhatsApp Image 2021 06 14 at 22.04.22

Wirdani menegaskan penggeledahan ini merupakan bentuk keseriusan LPP Kendari dalam hal pencegahan dan penindakan terhadap peredaran gelap narkoba di dalam lapas dan rutan. "Mengadakan penggeledahan secara rutin maupun insidentil merupakan upaya kita dalam mencegah dan menekan masuknya barang-barang terlarang di dalam blok hunian, khususnya sebagai pencegahan peredaran dan pengendalian narkoba di dalam lapas. Selain itu yang tidak kalah penting juga sebagai langkah-langkah deteksi dini mencegah gangguan keamanan dan ketertiban di dalam lapas," tegasnya.

WhatsApp Image 2021 06 14 at 22.04.22 1

Penggeledahan gabungan diawali dengan briefing yang dipimpin kalapas yang selanjutnya diserahkan kepada Kepala Subseksi Keamanan dan Ketertiban LPP Kendari, Misyulwati. Oleh Misyulwati, tim gabungan dari LPP dan LPKA Kendari dibagi menjadi 2 (dua) tim yang selanjutnya akan melakukan penggeledahan pada blok dan kamar hunian yang kini dihuni 96 orang tersebut.
"Tim dibagi menjadi 2, untuk selanjutnya melakukan penggeledahan di blok pidum dan narkoba, dengan terlebih dahulu melakukan penggeledahan badan WBP satu persatu, lalu selanjutnya kamar hunian dengan teliti, seperti di kamar mandi dan ventilasi," ujarnya.

WhatsApp Image 2021 06 15 at 11.20.45

Dari hasil penggeledahan ditemukan berbagai barang terlarang seperti silet, paku, korek api, sendok besi, serta cermin untuk kemudian disita dan dimusnahkan.

Wirdani menyatakan penggeledahan yang dilaksanakan secara berkala maupun insidentil bagian dari tugas lapas dalam menjaga situasi agar tetap aman dan tertib. "Semoga dengan penggeledahan ini membuat LPP Kendari tetap kondusif demi kelancaran pelaksanaan pembinaan WBP yang lebih baik. Selain itu juga diharapkan seluruh WBP dapat mengikuti aturan yang ada," harapnya Wirdani.

Di Kanim Kendari, Irwil II Tegaskan Pembangunan ZI

Kendari- Inspektur Wilayah II Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia (Irwil II Kemenkumham RI), Icon Siregar, didampingi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba, kunjungi Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Kendari, Selasa (5/1/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Irwil menekankan untuk pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Hal ini, pesannya, merupakan kewajiban setiap Satuan Kerja dalam rangka Revormasi Birokrasi yang saat ini gencar-gencarnya dilakukan atas perintah Presiden Republik Indonesia. 

Menurutnya, tahun 2020 yang lalu harus dijadikan pelajaran untuk berbenah dan melakukan perbaikan agar mampu memperoleh predikat WBK di Tahun 2021. "Apa-apa sih yang harus kita lakukan perubahan di tahun 2021 untuk kemajuan organisasi. Tentunya disini tidak terlepas dengan arahan pimpinan. Kemari sudah disampaikan oleh Menteri dan para Eselon 1 untuk reflaksi ditahu 2021 yaitu membangun Zona Integritas menuju WBK WBBM," ungkapnnya.

Melihat kondisi Kantor Wilayah yang sudah mendapat predikat WBK, Irwil semakin berharap agar hal itu menjadi cerminan bagi seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) baik Pemasyarakatan maupun Imigrasi. "Kanwil sudah menampilkan cerminnya untuk UPT di Sultra, jadi UPT baik Pas maupun Imigrasi harus mendapatkan predikat WBK," tegasnya.

Diakhir arahannya, Irwil II juga berpesan agar seluruh pegawai terkhusus Kanim Kendari tetap semangat bekerja memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat. "Kepada saudara-saudaraku disini bapak ibu kita tidak boleh lagi tidur-tiduran, tidak boleh lagi kita bersantai-santai, kita harus seperti naik tangga, tangga pertama tangga kedua yang pasti kita terus naik tangga," tutupnya.

Senada dengan Inspektur Wilayah II, Kakanwil berharap agar Kantor Imigrasi Kendari di tahun 2021 ini mampu memperoleh predikat WBK. "Kanim Kendari tahun ini harus WBK,' himbau Kakanwil.

Kakanwil Lantik 30 Pejabat, Ini Daftarnya

Kendari- Sebanyak 17 Pejabat Administrator dan 13 Pejabat Fungsional lingkup Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara mengikuti pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil), Silvester Sili Laba di aula Kantor Wilayah, Senin (12/1/2021).

Dalam pelantikan ini, hadir pula Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Kortini JM Sihotang, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), H. Muslim, Para Pejabat Eselon III Kantor Wilayah, serta Para Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi. 

Adapun mereka yang dilantik adalah sebagai berikut :

  1. Tutut Jemy Setiawan, sebagai Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kolaka dimana sebelumnya menjabat sebagai Kepala Kesatuan Pengamanan pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Jember.
  2. La Zuda, sebagai Kepala Kesatuan Pengamanan pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Baubau dimana sebelumnya menjabat sebagai Kepala Subseksi Kemanan pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Baubau.
  3. Burhanuddin, sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Baubau, dimana sebelumnya menjabat sebagai Kepala Urusan Umum pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Baubau.
  4. Adidi, sebagai Kepala Subseksi Sarana Kerja pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Baubau, dimana sebelumnya sebagai Pelaksana pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Baubau.
  5. Musrianto, sebagai Kepala Urusan Umum pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Baubau, dimana sebelumnya sebagai Kepala Subseksi Bimbingan Klien Dewasa pada Balai Pemasyarakatan Kelas II Baubau.
  6. Martinus Budianto Hardhi, sebagai Kepala Subseksi Bimbingan Klien Dewasa pada Balai Pemasyarakatan Kelas II Baubau, dimana sebelumnya sebagai Pelaksana pada Balai Pemasyarakatan Kelas II Baubau.
  7. Nurdin, sebagai Kepala Subseksi Keamanan pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Baubau, dimana sebelumnya sebagai Pelaksana pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Baubau.
  8. Senapati, sebagai Kepala Subseksi Pengelolaan Rumah Tahanan pada Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Raha, dimana sebelumnya sebagai Kepala Subseksi Administrasi Pengawasan dan Penegakan Disiplin pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Kendari.
  9. Ahmad Effendi, sebagai Kepala Subseksi Administrasi Pengawasan dan Penegakan Disiplin pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Kendari, dimana sebelumnya sebagai Kepala Subseksi Pengelolaan Rumah Tahanan pada Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Raha.
  10. Kasma sebagai Kepala Urusan Kepegawaian dan Keuangan pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kendari, dimana sebelumnya sebagai Kepala Subseksi Penilaian dan Pengklasifikasian pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Kendari.
  11. Hermin Pabunga, sebagai Kepala Urusan Tata Usaha pada Balai Pemasyarakatan Kelas II Kendari, dimana sebelumnya sebagai Kepala Urusan Kepegawaian dan Keuangan pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kendari.
  12. Muhammad Arafad, sebagai Kepala Kesatuan Pengamanan Rumah Tahanan pada Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Raha, dimana sebelumnya sebagai Kepala Subseksi Pengelolaan Rumah Tahanan pada Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Unaaha.
  13. Irwan La Mane, sebagai Kepala Subseksi Pengelolaan Rumah Tahanan pada Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Unaaha, dimana sebelumnya sebagai Kepala Kesatuan Pengamanan Rumah Tahanan pada Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Raha.
  14. Wawan Kurniawan, sebagai Kepala Subseksi Pengamanan dan Pengelolaan pada Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Kelas I Kendari, dimana sebelumnya sebagai Pelaksana pada Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Kelas I Kendari.
  15. Ramadhan, sebagai Kepala Subseksi Registrasi pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Kendari, dimana sebelumnya sebagai Pelaksana pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Kendari.
  16. Mushariaman, sebagai Kepala Subseksi Penilaian dan Pengklasifikasian pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Kendari.
  17. Syaharuddin, sebagai Kepala Urusan Kepegawaian pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari, dimana sebelumnya sebagai Pelaksana pada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kendari.
  18. Abd. Haris M, sebagai Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Madya Pada Balai Pemasyarakatan Kelas II Baubau, dimana sebelumnya sebagai Kepala Subbagian Tata Usaha pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Baubau.
  19. St. Halijah, sebagai Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Muda Pada Balai Pemasyarakatan Kelas II Kendari, dimana sebelumnya sebagai Kepala Subseksi Registrasi pada Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak Kelas II Kendari.
  20. La Ode Haeruni, sebagai Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Muda Pada Balai Pemasyarakatan Kelas II Kendari, dimana sebelumnya sebagai Kepala Subseksi Pengamanan dan Pengelolaan pada Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Kelas I Kendari.
  21. Rosfiana, sebaga Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Muda Pada Balai Pemasyarakatan Kelas II Baubau, dimana sebelumnya sebagai Pelaksana Pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Baubau.
  22. Titik Purwani, sebagai Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Muda Pada Balai Pemasyarakatan Kelas II Baubau, dimana sebelumnya sebagai Pelaksana Pada Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Raha.
  23. Muhammad Asdy, sebagai Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Muda Pada Balai Pemasyarakatan Kelas II Kendari, dimana sebelumnya sebagai Pelaksana Pada Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kolaka.
  24. Eva Andriani Samad, sebagai Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Muda Pada Balai Pemasyarakatan Kelas II Kendari, dimana sebelumnya sebagai Pelaksana Pada Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara Kelas I Kendari.
  25. Ajad, sebagai Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Muda Pada Balai Pemasyarakatan Kelas II Kendari, dimana sebelumnya sebagai Pelaksana Pada Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Kendari.
  26. Ari Santoso, sebagai Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Pertama Pada Balai Pemasyarakatan Kelas II Kendari, dimana sebelumnya sebagai Pelaksana Pada Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Kendari.
  27. Bobby Herianto, sebagai Pembimbing Kemasyarakatan Ahli Pertama Pada Balai Pemasyarakatan Kelas II Kendari, dimana sebelumnya sebagai Pelaksana Pada Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Kendari.
  28. Serlinawati, sebagai Perawat Penyelia Pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Kendari, dimana sebelumnya sebagai Pelaksana Pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Kendari.
  29. Mariana, sebagai Perawat Mahir Pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Kendari, dimana sebelumnya sebagai Pelaksana Pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Kendari.
  30. Rita Damayanti, sebagai Perawat Mahir Pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Kendari, dimana sebelumnya sebagai Pelaksana Pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Kendari.

Kakanwil dalam sambutannya menekankan kepada seluruh jajaran yang dilantiknya untuk menanamkan sikap menghargai dalam melaksanakan tugas yang diamanahkan. "Teman-teman para pejabat baik dari UPT Pas dan Imigrasi. Hormati seluruh bagian tubuh kita mulai dari kaki hingga kepala sekecil apapun itu. Tolong perhatikan sampai kebawah-bawah, perhatikan juga security, OB," pesan Silvester.

Kakanwil juga berharap agar para pejabat yang baru dilantiknya tersebut betul-betul menjalankan tugas dengan baik dan mampu bekerjasama. "Saya baru disini, saya minta dukungan teman-teman. Mohon kerjasamanya yang baik," tutupnya.

 

Hebat, Penyeludupan Shabu dan Ekstasi Digagalkan Petugas Lapas Kendari

Kendari-  Kinerja Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kendari patut diacungkan jempol. Pasalnya pada Rabu malam (malam Kamis) tepatnya pukul 24.00 WITA Pihak Lapas Kendari kembali menggagalkan upaya penyeludupan narkoba jenis Shabu dan juga Ekstasi.

IMG 20201231 WA0020

Kepala Lapas Kendari, Abdul Samad Dama menjelaskan bahwa kecurigaan bermula saat seorang pria tak dikenal memasuki halaman Lapas Kendari. "Sekitar jam 12 malam petugas pos atas 1 melihat ada seorang pria dewasa memasuki halaman Lapas dengan cara jongkok di bawah portal pintu 2 (pintu keluar halaman Lapas) menuju arah pos atas 4, lalu petugas pos atas 1 menyampaikan hal itu kepada Ka. KPLP yang baru selesai melakukan kontrol, "ungkap Kalapas, Kamis (31/12/2020).

Lalu Ka. KPLP, Andi Fahriady, lanjutnya, langsung mengecek arah yang dimaksud yang kebetulan Ka. KPLP berada di sekitaran pos 1. "Pas melihat arah yang dimaksud, Pak KP (Ka. KPLP) melihat ada pria mendekati tembok dan langsung berteriak dan berusaha mengejarnya," jelas Kalapas. 

Namun, Ka. KPLP tidak berhasil mengejar pria yang tak dikenal tersebut karena langsung melarikan diri menggunakan sepeda motor yang terparkir di pinggir jalan. "Setelah mengetahui ada yang melihatnya, pria tersebut melempar sesuatu ke dalam Lapas melalui tembok dan langsung melarikan diri," jelas Abdul Samad.

Melihat ada benda yang dilempar dalam Lapas, Petugas Pos Atas 4 meminta Petugas Pengganti Pos 4 untuk mengambil barang yang mencurigakan itu dan membawanya ke Komanda Jaga.

Mengetahui kejadia tersebut, Ka. Lapas yang saat itu masih berada di Kantor untuk melakukan kontrol kemudian memerintahkan jajarannya (Ka. Lapas, Ka. KPLP, Komandan Jaga, Komandan P2U, Piket Staf) secara bersama-sama mengecek benda yang ditemukanakan itu. "Setelah diperiksa ternyata berisi 3 sachet butiran bening yang diduga Shabu seberat 30 gram dan 1 sachet butiran yang di duga pil ekstasi sebanyak 40 butir," lanjutnya.

Atas kejadian itu, Ka. Lapas langsung melakukan Koordinasi dengan Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Sultra dan juga Direktorat Reserse Narkoba Polda Sultra. "Dalam beberapa menit kemudian petugas Dirserse Narkoba Polda tiba di Lapas Kendari untuk melakukan penyidikan yang diakhiri dengan serah terima barang bukti dari Petugas Lapas kepada Petugas Dirserse Narkoba Polda. Seluruh rangkaian kegiatan berakhir pada pukul 02.00 WITA dini hari dengan aman dan kondisi Lapas tetap kondusif, Tutup Ka Lapas Kendari.

IMG 20201231 WA0002