Kanwil Kemenkumham Sultra Laksanakan Survei Kepuasan Masyarakat di Rutan Kelas IIB Raha

Kanwil Kemenkumham Sultra Laksanakan Survei Kepuasan Masyarakat di Rutan Kelas IIB Raha

Raha– Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tenggara ( Kanwil Kemenkumham Sultra ) yang diwakili oleh Kepala Sub Bidang pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM Asnal Laipa beserta Tim melaksanakan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) di Rutan Kelas IIB Raha Rabu (12/04/2023).

Survei ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari hasil survei 3AS pada triwulan I Tahun 2023, dimana Rutan Kelas IIB Raha salah satu UPT pada jajaran Kanwil Kemenkumham Sultra yang memperoleh hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) / Indeks Persepsi Korupsi (IPK) bulan Januari dan Februari tahun 2023 dibawah standart untuk IPK dan IKM kurang dari 17.00 . Rutan Kelas IIB Raha menjadi salah satu sampel dalam pelaksanaan kegiatan survey Kepuasan Masyarakat (SKM). 

Survey SKM bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran dan pendapat masyarakat terkait kualitas dan mutu pelayanan pada unit Rutan Kelas IIB Raha. Pelaksanaan SKM menyasar para pengunjung/ masyarakat atau penerima layanan sebagai responden. Antusias masyarakat atau pengunjung sangat tinggi karena bertepatan kunjungan di bulan cuci Ramadhan.

Selain itu Tim SKM Bidang HAM melakukan wawancara dengan petugas pemberi layanan, Pejabat Rutan Kelas IIB Raha dan operator yang bertugas menangani aplikasi survei 3AS. Selanjutnya, hasil survey dan wawancara yang didapat akan diolah dan dianalisis oleh Tim SKM Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Sultra dan narasumber dari Perguruan Tinggi kemudian hasilnya akan dituangkan dalam rekomendasi yang beisi tindak lanjut dan  perbaikan layanan bagi masyarakat, sehingga diharapkan berdampak positif pada hasil penilaian Kepuasan Masyarakat di tahun 2023.

Kegiatan ini juga di harapkan dapat mengetahui kelemahan atau kekurangan dari masing-masing unsur pelayanan publik (Yanlik), mengetahui kinerja penyelenggara Yanlik, sebagai bahan penetapan kebijakan yg perlu diambil dan tindak lanjut dari hasil SKM, diketahui indeks kepuasan masyarakat terhadap pelaksanaan Yanlik, memacu persaingan positif antar unit penyelenggara Yanlik dalam upaya peningkatan kinerja pelayanan serta bagi masyarakat dapat diketahui gambaran tentang unit pelayanan yang ada dalam unit kerja Kanwil Kemenkumham Sultra.

 

WhatsApp Image 2023 04 12 at 18.57.43


Cetak   E-mail