Survei IPK dan IKM di Rutan Kolaka, Balitbang Puji Kualitas Layanan

Kolaka- Indeks Persepsi Korupsi (IPK) dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) merupakan dua diantara banyak penilaian terpenting bagi Instansi untuk mencapai predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang di usulkan untuk mencapai predikat WBK, Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kolaka hari ini, Rabu (19/2) dikunjungi Petugas dari Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Hak Asasi Manusia (Balitbang Kumham), Adi Ashari, untuk melakukan Survei IPK dan IKM Berbasis Elektronik kepada sejumlah pengunjung di Rutan Kolaka.

Adi mengaku senang dengan Perubahan yang ada di Rutan Kolaka. Ia mengapresiasi keseriusan Rutan Kolaka dalam usahanya mencapai predikat WBK. “Senang sekali melihat perubahan disini, layanan yang disediakan sangat baik. Saya senang, terutama dengan adanya duta layanan seperti ini .Saya lihat Rutan Kolaka betul betul serius dalam mencapai WBK.” tutur Adi.

Kepala Rutan Kolaka, Darwan, mengatakan perubahan yang ada merupakan hasil kerja keras dari seluruh pegawai Rutan Kolaka. ”Ini hasil dari kerja keras rekan rekan semua. Saya tidak mungkin bisa bekerja sendiri,“ ungkap Darwan. Dia menambahkan bahwa dalam mencapai WBK, implementasi merupakan hal yang sangat penting. “Dalam mencapai WBK, selain pembenahan dari sisi administrasi, implementasi di lapangan juga sangat penting,“ tutur Darwan.

IMG 20200220 WA0038

 

IMG 20200220 WA0038

Kanwil Kemenkumham Sultra Dapat Penghargaan LHKASN Dari Inspektorat Jenderal

Kendari- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenkumham Sultra) mendapat piagam penghargaan dari Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia atas prestasi dan pencapaian Pelaporan 100 (seratus) Persen Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (e-LHKASN) Secara Elektronik di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sultra, Sofyan, S.Sos., SH, MH, usai apel pagi menyerahkan piagam teraebut kepada operator LHKASN Kantor Wilayah, Siti Arina di pelataran Kantor Wilayah, Kamis (20/2).

Pada kesempata itu, Kakanwil menyampaikan terimakasihnya kepada seluruh pegawai yang telah membantu meraih penghargaan tersebut. "Ini semua kita tidak dapatkan begitu saja, tentu atas bantuan teman-teman semua. Selain LHKPN saya tentu ini semua berkat Ibu Arina sebagai Admin LHKPN dan LHKASN yang suda kerja keras mendorong teman-teman untuk mengisi laporan harta kekayaan ini," ungkapnya.

Dia berharap prestasi seperti itu terus ditorehkan oleh jajaran Kanwil Kemenkumham Sultra. "Semoga prestasi ini kita terus pertahankan, tahun depan kita harus memperoleh penghargaan ini lagi," harapnya.

 DSC0328

Kakanim Kendari Berganti, Hajar Aswad Gantikan Barron Ichsan

Kendari- Rotasi Jabatan di lingkup Kementerian Hukum dan HAM merupakan hal yang lumrah. Hari ini pukul 08.30 WITA bertempat di aula Kanim Kendari, Kepala Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Kendari resmi berganti, Selasa (18/2).

Barron Ichsan, A.Md.Im., SH., M.Si yang sebelumnya memimpin Kanim Kendari pindah tugas menjadi Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Jakarta Pusat dan digantikan oleh Hajar Aswad., A.Md.Im., S.Sos., M.Si yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai.

 DSC0052 1

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kakanwil Kemenkumham Sultra) Sofyan, S.Sos., SH., MH, menyaksikan langsung acara serah terima jabatan tersebut. Ikut hadir pada kegiatan ini Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Direkotorat Jenderal Imigrasi, Cucu Koswala, SH., M.Si, Kepala Divisi Imigrasi, Santosa, SH, MH, para Kepala UPT Imigrasi, serta para pejabat Divisi Imigrasi dan seluruh pegawai Kanim Kendari.

 DSC0071

Dalam sambutannya, Kakanwil mengungkapkan bahwa dalam serah terima jabatan pasti ada hal-hal yang perlu dibenahi. Dia berpesan kepada pejabat baru untuk melanjutkan program yang suda dimulai oleh pejabat lama. "Banyak kemajuan yang diperoleh Pak Barron Ichsan karna beliau berhasil merangkul seluruh pegawai dan pejabat di Kanim Kendari sehingga Kanim Kendari seperti suatu ikatan sapu. Pak Hajar Aswad saya ucapkan selamat datang di Kendari, saya berharap pak Hajar Aswad bisa lebih dari Pak Barron bisa melanjutkan program-program Pak Barron," ungkap Sofyan.

 DSC0061 1

Kepada pejabat lama, Kakanwil mengucapkan terimakasih selama memimpin Kanim Kendari mampu membangun komunikasi yang baik dengan stakeholder, dia berharap kepada Barron Ichsan untuk tetap memperbaiki karirnya sehingga mampu menduduki jabatan yang lebih tinggi lagi. "Terimakasih pak baron, selama kepemimpinan di Kendari komunikasinya sangat baik. Saya berharap Pak Barron dapat mencapai eselon IIb," ungkapnya.

Dibawa kepemimpinan Pak Aswad, Kakanwil optimis Kanim Kendari bisa menjadi lebih baik lagi. "Saya percaya Pak Aswad bisa membawa Kanim Kendari menjadi lebih baik lagi. Ini adalah suatu kepercayaan dari Pak Menteri kita, Pak Dirjen kita dan para Direktur kita yang menganggap Pak Aswad mampu untuk melaksanakan tugas ini," tutupnya.

Serah terima jabatan Kakanim tersebut juga dirangkaikan dengan serah terima jabatan Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kanim Kendari.

 DSC0092 1

 DSC0094 1

7 PNS Kemenkumham Sultra Angkatan 2019 Diambil Sumpah

Kendari- Setelah menjalani percobaan selama lebih kurang satu tahun, 7 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenkumham Sultra) Angkatan 2019, hari ini diambil sumpah, Selasa (18/2).

 DSC0120

Bertempat di aula Kantor Wilayah, pengambilan sumpah jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) tersebut dilakukan langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil), Sofyan, S.Sos., SH., MH. Ikut hadir pada kegiatan ini Kepala Divisi Administrasi, Kortini JM. Sihotang, S.Sos., M.Si, para pejabat Kantor Wilayah serta pegawai Kantor Wilayah.

Yang betindak sebagai saksi pada pelantikan ini adalah Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan, Jumaedy A. SE, dan juga Kepala Sub Bidang Informasi Keimigrasian, Adma Hussni, SH.

 DSC0117

Pada kesempatan itu, Kakanwil berpesan kepada PNS yang baru disumpahnya tersebut untuk mengabdikan diri sebaik-baiknya dalam memberika pelayanan terhadap masyarakat. "Saya ucapkan selamat kepada teman-teman semoga momentum hari ini menjadi momentum dasar teman-teman semua untuk bekerja lebih baik. Mari kita sama-sama kita meraih Zona Integritas. Harapan saya mari kita kerja cepat, kerja lebih cepat, dan kerja lebih cepat lagi," pesannya.

Adapun mereka yang dilantik adalah sebagai berikut:

  1. Andri Afandi sebagai Pengelola Website di Kantor Wilayah
  2. Andi Aden Putra Utama sebagai Dokumentalis Hukum di Kantor Wilayah
  3. Keke Claudia Tiur Situmorang sebagai Pengolah Bahan Evaluasi dan Pelaporan di Kantor Wilayah
  4. Iktimal Camari sebagai Pengolah Bahan Kajian dan Penyusunan Peraturan Perundang-Undangan
  5. Mutiara Fajar Usman sebagai Pengelola Keuangan di Kantor Imigrasi Kendari
  6. Raghil Mahesa sebagai Pengelola Jaringan Dokumentasi di Kantor Wilayah
  7. Satya Agung Prabowo sebagai Pengolah Bahan Penyusun Rencana Program dan Anggaran di Kantor Wilayan

 DSC0163

Kepala LPKA Kendari Berganti, Akbar Amnur Gantikan Rasid Margono

Kendari- Rotasi jabatan merupakan hal yang lumrah dalam suatu instansi, tak terkecuali di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenkumham Sultra). Hari ini Kepala Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Kendari resmi berganti, Jumat (14/2).

Rasid Margono Bc.IP., S.Sos., MH, yang sebelumnya nahkodai LPKA Kendari mendapatkan promosi jabatan menjadi Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan Teknologi Informasi Kanwil Kemenkumham Sultra. Posisi yang ditinggalkannya tersebut diisi oleh Akbar Amnur, A.Md.IP., SH., M.Si, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Rumah Tahanan Negara (Ka. Rutan) Kelas IIB Wonosobo.

 DSC0239

Proses serah terima jabatan yang berlangsung di aula LPKA Kendari tersebut disaksikan langsung olek Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil), Sofyan, S.Sos., SH., MH, bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Drs. H. Muslim, M.Si, perwakilan masing-masing Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Imigrasi dalam Kota Kendari serta jajaran Forkopimda Kota Kendari.

Dalam sambutannya Kakanwil memberikan apresiasi kepada Rasid Margono atas promosi jabatan yang diperolehnya tersebut. "Selamat kepada Pak Rasid atas jabatan barunya. Selama 3 tahun 10 bulan 2 hari ini bapak sangat luar biasa. Bapak suda meninggalkan delegasi yang sangat luar biasa, tanpa adanya Pak Rasid LPKA ini tidak akan terbangun," ungkap Sofyan.

 DSC0215

Rasyid Margono mendapatkan promosi jabatan dari Eselon IIIB menjadi Eselon IIIA. "Saat ini
Pak Rasid suda kami tunggu di Manwil tentu tugas berat menunggu. Kita kerjasama agar jajaran Kanwil Sultra memperoleh predikat WBK," lanjutnya.

Kepada pejabat baru, Kakanwil berharap agar lebih baik lagi dan melanjutkan semua program yang telah dilakukan oleh pejabat lama. "Kepada Bapak Akbar saya ucapkan selamat datang di Bumi Anoa Sulawesi Tenggara, saya berharap Bapak bisa bertahan disini. Saya titip LPKA pada Pak Akbar, saya minta perubahan yang signifikan dalam waktu dekat ini," ungkap Kakanwil.

 DSC0207