Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan Selesai, Seluruh Satker Telah Penuhi Kewajiban

Kendari- Setelah tiga hari dilaksanakan, kegiatan Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan Tingkat Wilayah Semester I Tahun Anggaran 2020 yang dilaksanakan di Swiss-Belhotel Kendari hari berakhir, Jumat (10/7).

Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenkumham Sultra), Kortini JM Sihotang, S.Sos., M.Si, menutup langsung kegiatan ini. Pada kesempatan tersebut, dia menyampaikan pesan dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil), Sofyan, S.Sos., SH., MH, dimana Kakanwil berharap kepada semua peserta untuk tetap melakukan koordinasi dengan Kantor Wilayah. "Saya berharap kiranya seluruh operator yang hadir setelah nanti kembali ketempat masing-masing kiranya tetap membuka akses seluas-luasnya kepada operator Wilayah untuk tetap memberikan informasi terkait apa yang saudara-saudara kerjakan ditempat ini. Seteliti apapun operator wilayah dalam melakukan dan menyelesaikan permasalahan pastilah ada yang terlewatkan," ungkapnya.

DSC 0289

Kakanwil juga mengucapkan terimakasih atas kerja keras panitia dan peserta dalam menjalankan kegiatan ini. "Alhamdulillah kegiatan ini telah berjalan dengan baik. Hal ini tidak lepas dari kerjasama semua pihak yang terlibat. Terimakasih semua operator atas kerja kerasnya," tutupnya.

DSC 0265

Sementara itu, Kepala Bagian Umum, Ahmad Sahrun, S.H., M.Si, selaku Ketua Panitia Penyelenggara menyampaikan bahwa hasil dari kegiatan ini, seluruh Satuan Kerja (Satker) lingkup Kanwil Kemenkumham Sultra telah memenuhi kewajiban dalam menyajikan dan menyampaikan Laporan Keuangan ke tingkat Wilayah Semester I Tahun Anggaran 2020. "Selanjutnya Kantor Wilayah selaku Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran dan Barang akan menyampaikan ke Tingkat Unit Eselon I melalui kegiatan Rekon Nasional secara daring padat tanggal 13 hingga 16 Juli mendatang," jelasnya.

DSC 0268

Pantau Pelaksanaan Rekon, Ini Pesan Kakanwil

Kendari- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kakanwil Kemenkumham Sultra), Sofyan, S.Sos., SH., MH, didampingi Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Kortini JM. Sihotang, S.Sos., M.Si, meninjau pelaksanaan Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan Tingkat Wilayah Semester I Tahun Anggaran 2020, Kamis (9/7).

DSC 0241

Kegiatan yang dilaksanakan di aula Swiss-Belhotel Kendari ini berlangsung mulai 8 Juli - 10 Juli yang diikuti oleh seluruh Operator Persediaan, Operator SIMAK BMN, dan Operator Saiba dari tiap-tiap satker.

Pada kesempatan tersebut, Kakanwil berharap kepada semua peserta untuk mengikuti kegiatan itu dengan baik. "Saya yakin dan percaya teman-teman semua suda berpengalaman, saya berharap tolong dijiwai pekerjaannya dengan baik. Karna tanpa dijiwai suatu pekerjaan tidak bisa berjalan dengan baik. Ikuti kegiatan ini dengan maksimal agar memperoleh hasil sesuai yang kita harapkan," ungkapnya.

Kunjungan tersebut, lanjutnya, adalah sebagai bentuk tanggung jawab seorang pimpinan dalam memantau kinerja jajarannya. "Saya ingin konsen dengan kegiatan ini karena ini adalah tanggung jawab saya sebagai Kakanwil dibantu dengan Kadiv Administrasi dan teman-teman semua," jelasnya.

Diakhir sambutannya dia berharap agar prestasi yang ditorehkan sebelumnya oleh jajaran Kementerian Hukum dan HAM khususnya lingkup Kanwil Sultra bisa dipertahankan. "Pada rekon Nasional semester II Tahun Anggaran 2019, Kanwil Kemenkumham Sultra raih peringkat terbaik pertama kategori Kanwil Satker Kecil dalam penyajian dan penyampaian laporan keuangan pada Tingkat Unit Eselon I. Mari kita pertahankan prestasi ini. Saya berharap tahun ini kita bisa terbaik di Hukum dan HAM," tutupnya.

PicsArt 07 09 04.22.44

Kunjungi Kanim Wakatobi, Kadivmin Beri Penguatan Pegawai

Wakatobi- Kepala Divisi Administrasi, Kortini JM. Sihotang, S.Sos., M.Si didampingi Kepala Bagian Umum, Ahmad Sahrun, S.H., M.H, Kepala Bagian Program Pelaporan dan Humas, Ruslan, SH, Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Tata Usaha dan Rumah Tangga, Muh. Saeful Rizzal, SH, Kepala Sub Bagian Humas, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi, Ardhy Rahman, S.H, bersama beberapa staf menyambangi Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas III Non TPI Wakatobi, Senin (6/7).

DSC 0108

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Plt. Kepala Kantor Imigrasi Wakatobi, Tjatur Soemardiyanto, S.H., M.H, bersama jajaran.

Pada kesempatan ini, Kepala Divisi Administrasi menyampaikan bahwa kunjungan tersebut untuk memonitoring dan evaluasi (monev) kinerja pegawai Kanim Wakatobi, mulai dari laporan dan juga persiapan membangun Zona Integritas (ZI). "Tugas saya datang kesini adalah untuk memonitoring dan mengevaluasi laporan yang teman-teman suda buat. Selain itu, kami juga akan memberikan penguatan untuk meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK)," ungkapnya.

DSC 0099

Mulai dari disiplin pegawai, langkah yang harus dilakukan untuk meraih WBK, hingga ketepatan waktu dalam pelaporan disampaikan oleh Kadivmin. Sementara terkait untuk spesifikasi pelaporan dan humas disampaikan langsung oleh Kabag Program Pelaporan dan Humas sedangkan terkait kepegawaian dalam hal ini mulai dari elearning, sumaker, simpeg, LHKPN, LHKASN, hingga ketertiban berpakayan dinas dipaparkan langsung oleh Kepala Bagian Umum.

DSC 0087

Dalam kesempatan itu, Kepala Divisi Administrasi memberikan kesempatan untuk seluruh pegawai Imigrasi Wakatobi agar menyampaikan ide ataupun inovasi untuk memajukan Kanim Wakatobi. 

DSC 0125

Diwakili Kadivmin Saat Buka Rakor, Kakanwil Berharap Prestasi Laporan Keuangan Dipertahankan

Kendari- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenkumham Sultra) menyelenggarakan kegiatan Rekonsiliasi Data Laporan Keuangan Semester I Tahun Anggaran 2020 di aula Swiss-Belhotel Kendari. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 8 - 10 Juli 2020. Seluruh operator SAIBA dan SIMAK BMN dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan, UPT Imigrasi serta Kantor Wilayah ikut dalam kegiatan ini.

DSC 0214

Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Kortini JM Sihotang, S.Sos., M.Si, membuka langsung kegiatan ini. Dalam kesempatan itu, Kadivmin membacakan sambutan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil), Sofyan, S.Sos., SH., MH, yang tidak sempat hadir. Dalam sambutannya Kakanwil menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menghindari terjadinya perbedaan penyajian nilai aset yang terdapat dalam neraca, neraca percobaan dengan laporan SIMAK BMN. "Melalui proses rekonsiliasi yang kita laksanakan saat ini dapat diketahui secara pasti tingkat akuntabilitas dari apa yang telah kita laksanakan selama semester I Tahun Anggaran 2020," ungkapnya, Rabu (8/7).

Ada beberapa prestasi yang disampaikan Kakanwil untuk dijadikan motivasi agar lebih serius dalam mengikuti kegiatan ini diantaranya: 1). Tahun 2019 Kemenkumham raih Kinerja Anggaran Terbaik dalam kategori Kementerian/Lembaga dengan pagu anggaran diatas Rp. 10 Triliun; 2). Pada rekon Nasional semester II Tahun Anggaran 2019, Kanwil Kemenkumham Sultra raih peringkat terbaik pertama kategori Kanwil Satker Kecil dalam penyajian dan penyampaian laporan keuangan pada Tingkat Unit Eselon I. "Tentu prestasi ini mustahil akan terwujud tanpa sinergitaa dan kerja keras kita semua. Oleh karena itu saya berharap dalam kegiatan ini kita kembali menyatukan tekad untuk mensukseskan kegiatan Penyusunan Laporan Keuangan Semster I Tahun Anggaran 2020. Paling tidak apa yang kita sudah raih dapat kita pertahankan," harapnya.

DSC 0210

Untuk diketahui, yang menjadi Ketua Panitia Penyelenggara kegiatan ini adalah Kepala Bagian Umum, Ahmad Sahrun, SH., M.Si.

DSC 0232

DSC 0235

 

Rakor Evaluasi Capaian Kinerja Ditutup, Ini Rekomendasi Untuk Kanwil Sultra

Kendari- Setelah empat hari dilaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Evaluas Capaian Kinerja Semester I Tahun 2020 secara virtual, hari ini semua rangkaian kegiatan suda terselesaikan. Seluruh Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenkumham Sultra) mulai dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil), Sofyan, S.Sos., S.H., M.H, Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Kortini JM. Sihotang, S.Sos., M.Si, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), Drs. H. Muslim, M.Si., Kepala Divisi Imigrasi (Kadivim), Santosa, S.H., M.H, dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum (Kadivyankum), Maktub, S.H., M.H., mengikutnya langsung di aula Kanwil, Kamis (2/7).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham RI, Dr. Bambang Rantam Sariwanto, S.H., M.M., menutup langsung kegiatan ini. Dalam sambutannya, dia mengapresiasi atas terlaksananya dengan baik kegiatan yang baru pertama dilakukan secara virtual ink. Kegiatan ini, lanjutnya, sangat berpengaruh untuk kemajuan Kemenkumham kedepan. Dia berharap agar hasil dari kegiatan yang berlangsung selama empat hari tersebut dapan betul-betul dilaksanakan. "Luar biasa kegiatan ini bisa berjalan dengan baik. Kegiatan ini sangat penting buat kemajuan Hukum dan HAM," ungkapnya.

 DSC0978

Sementara itu, dari rakor ini Kanwil Sultra direkomendsi beberapa poin yang harus diwujudkan kedepannya, diantaranya :

  1. Melihat letak geografis yang terdiri dari pulau-pulau, untuk pencapaian target kinerja dan optimalisasi penyerapan anggaran divisi pelayanan hukum bisa dilakukan dengan zoom/virtual
  2. Perlu ditingkatkan kerjasama dengan stakeholder untuk meningkatkan keterampilan warga binaan dan segera menyetorkan PNBP yang dihasilkan dari lapas produktif ke kas negara
  3. Perlu dicarikan solusi yang tepat untuk mengatasi over capacity dan over staying dan warga binaan serta membangun kerja sama dengan aparat penegak hukum lainnya.
  4. Penguatan satker WBK/WBBM yang lolos TPI

Rekomendasi ini disampaikan langsung oleh Koordinator Tim Evaluator yang juga merupakan Staf Ahli Bidang Ekonomi, Ir. Razilu M.Si.

 DSC0974

IMG 20200702 WA0067