Peringati HDKD 2021, Kemenkumham Sultra Bagikan Sembako Pada Masyarakat

Kendari- Dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-76 Tahun 2021, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenkumham Sultra) secara serentak menyelenggarakan Donor Darah dan Bakti Sosial. Kegiatan ini dirangkum dalam satu rangkaian kegiatan yaitu Kumham Peduli, Kumham Berbagi dan Kumham Empati, Kamis (21/10/2021).

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM, Edward Omar Sharif Hiariej didampingi Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto dan jajaran pimpinan tinggi Kemenkumham yang diikuti oleh Kakanwil, Silvester Sili Laba bersama seluruh Pimpinan Tinggi Pratama Kantor Wilayah secara virtual di aula Kantor Wilayah.

Usai pembukaan, jajaran pegawai kantor wilayah dan UPT dalam Kota Kendari melakukan donor darah di plaza anoa. Donor darah ini bekerja sama dengan PMI Kendari.

Setelah pelaksanaan donor darah, dilanjutkan dengan pembagian sembako bagi warga terdampak covid-19. Kakanwil bersama Kadivmin, Kadivpas, Kadivim, Kadivyankum, Para Pejabat Struktural Kantor Wilayah serta Para Ka UPT dalam Kota Kendari dibagi menjadi tiga kelompok menyusuri kota Kendari.

Dari penyusuran tersebu, Kakanwil Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba mengungkapkan bahwa sebanyak 100 paket yang berisi sembako dan juga masker serta multivitamin dibagikan bagi warga yang membutuhkan. "Tadi siang kami melakukan pembagian sembako di tiga tempat. Sasaran kami para tukang becak, pemulung, dan petugas kebersihan yang ada dipingir jalan. Saya bersama Kadivpas menuju arah Kota Lama, Kadivmin menuju ke arah Baruga, dan Kadivim bersama Kadivyankum menuju Andonohu," ungkap Silvester.

Bantuan yang disalurkan dalam rangka Kumham Peduli, Kumham Berbagi dan Kumham Empati tersebut tujuannya agar bisa sedikit membantu masyarakat ditengah keterpurukan akibat dampak Covid-19. Pada peringatan hari jadi ke-76 ini, Kakanwil berharap pula agar Kemenkumham semakin PASTI sesuai tema peringatan HDKD Tahun 2021. "Ini adalah bentuk kepedulian, bentuk kasih sayang dari kami insan Pengayoman kepada masyarakat. Jangan lihat banyaknya tetapi lihat bentuk kepedulian kita kepada sesama. Semoga Kemenkumham Semakin PASTI," tutupnya.

 IMG 20211021 192730

1.000 Bingkisan Diserahkan untuk Pasien Wisma Atlet dalam Giat “Kumham Peduli, Kumham Berbagi dan Empati Kumham”

JAKARTA – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI menyelenggarakan bakti sosial dengan tema “Kumham Peduli, Kumham Berbagi dan Empati Kumham” dalam rangka perayaan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Tahun 2021 pada Kamis (21/10/21). Acara bakti sosial ini bertempat di Selasar Gedung Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham, Jakarta Selatan.

Acara dihadiri secara langsung oleh Wakil Menteri Hukum dan HAM, Edward Omar Sharif Hiariej, Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto, jajaran pimpinan tinggi Kemenkumham serta direksi Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Di samping itu, sebagian undangan lainnya hadir secara virtual melalui Aplikasi Zoom, antara lain jajaran Pimpinan Tinggi Madya, Staf Ahli Menteri, Pimpinan Tinggi Pratama, Kepala Kantor di setiap provinsi serta Kepala RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran.

Membuka kegiatan tersebut, dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis. Wakil Menteri Hukum dan HAM didampingi Sekjen serta Staf Ahli Bidang Ekonomi, Lucky Agung Binarto menyerahkan bantuan berupa APD kepada Ketua Perhimpunan Tenaga Kesehatan (Pernakes). Tak hanya itu, bantuan berupa beasiswa juga diberikan kepada keluarga ASN Kemenkumham yang terdampak Covid-19. Pada kesempatan yang sama, pemberian bantuan secara simbolis diikuti oleh 5 Unit Utama dan 19 Kantor Wilayah Kemenkumham.

WhatsApp Image 2021 10 21 at 15.36.48 2

Dalam sambutannya, Wamenkumham menyampaikan bahwa pelaksanaan acara bakti sosial ini merupakan pengejawantahan dari nilai-nilai yang tertanam dalam diri seluruh Insan Pengayoman.

“Dalam rangka memperingati Hari Dharma Karya Dhika yang ke-76, akan dilaksanakan bakti sosial yang dapat mencerminkan nilai Dharma Karya Dhika di dalam diri setiap insan kementerian Hukum dan HAM, 6 serta bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara.”, ungkap Wamen Edward.

Pada kesempatan tersebut, Kemenkumham yang diwakili oleh Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Ditjen Pemasyarakatan, Muji Raharjo menyerahkan 1.000 paket kelengkapan adaptasi kebiasaan baru. Prosesi penyerahan ini disaksikan pula secara langsung dari Selasar Gedung AHU Kemenkumham.

“Sebagai kepedulian dan partisipasi dari Kementerian Hukum dan HAM, pada kesempatan ini juga dilaksanakan kegiatan pembagian atau pemberian “new normal kit” berupa masker, hand sanitizer hingga peralatan makan pribadi (sendok, garpu dan sedotan), yang nantinya akan diberikan kepada saudara-saudara kita pada saat selesai menjalani isolasi di Rumah Sakit Darurat Covid 19 Wisma Atlet. Tentunya diharapkan dapat memberi manfaat bagi saudara-saudara kita dalam menjalani adaptasi kebiasaan baru setelah kembali ke rumah.”, tutur Wamenkumham.

WhatsApp Image 2021 10 21 at 15.36.48 1
Di sisi lain, Koordinator RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Mayjen TNI Dr. Budiman menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan bakti sosial ini.

“Kami mengucapkan terima kasih atas empati dan kepedulian dari jajaran Kementerian Hukum dan HAM kepada relawan yang bekerja di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran. Kepedulian yang Bapak berikan sangat berarti dalam melaksanakan tugas agar mereka terhindar dari infeksi Covid-19. Sumbangan berupa alat perlindungan diri, masker, pelindung wajah, kemudian juga alat makan pribadi. Kita bersyukur bahwa jumlah kasus Covid-19 sudah menurun. Namun demikian, kita tidak boleh abai sehingga kami seluruh staf dan relawan tetap waspada.”, pungkasnya.

Selain penyerahan new normal kit, bakti sosial kali ini diwujudkan dalam bentuk kegiatan Donor Darah, serta kegiatan Empati Kumham bagi keluarga pegawai yang wafat karena Covid-19 dan juga sunatan massal yang dilaksanakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM.

Siap Raih WBK/WBBM, Kanwil Kemenkumham Sultra Studi Tiru di Kanwil DKI Jakarta dan Kanim Jakarta Selatan

Jakarta- Dalam rangka upaya pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenkumham Sultra) melakukan studi tiru di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis (14/10/2021).

IMG 20211014 191757

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kakanwil Kemenkumham Sultra), Silvester Sili Laba bersama Kepala Divisi Keimigrasian (Kadivim), Ganda Samosir bersama Tim Pokja pembangunan Zona Integritas. 

Di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kakanwil DKI Jakarta, Ibnu Chuldun, bersama seluruh Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta beserta Tim Pokja Pembangunan ZI Kanwil DKI Jakarta.

Banyak hal yang dipelajari dari kunjungan tersebut, mulai dari sarana dan prasarana serta berbagai inovasi Kanwil DKI Jakarta dalam memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat.

Kakanwil Sultra sangat terpesona dengan Kanwil DKI Jakarta. Dia mengatakan bahwa studi tiru di Kanwil DKI merupakan langkah yang tepat bagi Sultra dalam upaya meraih predikat WBBM. "Tidak salah kita masuk DKI, luar biasa tidak bisa terkatakan. Ini luar biasa, dari segi sarana dan prasarana hotel kalah. Keramahtamahannya juga sangat luar biasa, ini bisa jadi model Nasional," ungkap Silvester saat di aula Kanwil DKI Jakarta.

Dia berharap jajarannya di Sultra mampu meraih predikat WBK dan juga WBBM seperti Kanwil DKI Jakarta. "Semoga kita di Sultra bisa WBK dan juga WBBM (Kantor Wilayah)," harapnya.

Studi tiru tersebut dilanjutkan pula di Kantor Imigrasi Jakarta Selatan. Kunjungan di Kanim Jakarta Selatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Keimigrasian (Kadivim), Ganda Samosir yang diterima langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi, Anggiat Napitupulu.

Foto di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta

IMG 20211014 192242

IMG 20211014 191823

Foto di Kanim Jakarta Selatan:

IMG 20211014 193848

IMG 20211014 193937

IMG 20211014 193955

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, Kemenkumham Sultra Gandeng Ombudsman dan Insan Pers

Kendari- Dalam rangka peningkatan kualitas Pelayanan Publik, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kemenkumham Sultra) menggandeng insan pers lakukan Coffee Morning di Pojok Aspirasi Kantor Wilayah, Selasa (19/10/2021)

IMG 20211019 130315

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kakanwil Kemenkumham Sultra), Silvester Sili Laba, Kepala Perwakilan Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Sultra, Mastri Susilo, Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Kortini JM Sihotang, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), H. Muslim, Kepala Divisi Keimigrasian, Ganda Samosir, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadivyankum), Maktub, Pejabat Eselon III Kantor Wilayah, Para Ka UPT Dalam Kota Kendari, dan Kakanim Baubau.

Dihadapan insan pers, Kakanwil mengungkapkan bahwa kegiatan ini dalam rangka sinergi mewujudkan pelayanan publik yang semakin PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif) di lingkungan Kemenkumham Sultra. "Sinergitas yang selama ini kita bangun menjadi kebanggaan kita sendiri untuk jajaran Kemenkumham Sultra yang semakin PASTI dan KREK (Komitmem, Responsif, Evaluatif, Komunikatif)," ungkapnya.

Dukungan insan pers dan juga Ombudsman dalam melaksanakan pelayanan publik sangat dia harapkan. Keterlibatan dua lini ini menurutnya akan sangat berdampak positif dalam memajukan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik dijajaran yang dia komandoinya tersebut. "Kami sangat mengharapkan dukungan teman-teman media yang benar-benar memberikan kontribusi bagi pelayanan publik dalam membangun Sultra yang kita cintai ini. Terimakasih juga pada Ketua ORI Sultra suda memberikan kontrol yang baik kepada kami," lanjut pria dengan dua bintang dipundaknya tersebut.

Dia juga berharap sinergi dan kolaborasi antara jajaran Kemenkumham, Ombudsman, Insan Pers serta stake holder lainnya dapat terus berjalan dengan baik dan saling memahami satu sama lain.

Sementara itu, Kepala Perwakilan ORI Sultra sangat mengapresiasi kinerja Kemenkumham Sultra. Menurut Mastri, tindakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara dalam menghadapi setiap persoalan sangatlah cepat dan efektif. Beberapa masalah yang terjadi di lingkungannya dengan sigap dapat diatasi tanpa harus menunggu lama. Hal ini, lanjutnya, dapat dilihat dalam mengatasi persolan di Lapas Baubau beberapa waktu lalu. "Responsif Pak Kakanwil sangat luar biasa dalam mengatasi masalah. Beliau langsung merespon cepat sesuai dengan kewenangan beliau. Kita mengapresiasi itu, tidak berdebat dimedia dan diselesaikan segera dengan cepat," ungkap Mastri Susilo.

IMG 20211019 130247

Kegiatan ini dilanjutkan dengan diskusi bersama insan pers terkait pelayanan publik yang ada di jajaran Kemenkumham Sultra. Salah satu tujuan jajaran Kemenkumham Sultra adalah upaya mewujudkan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan juga Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

IMG 20211019 125135

IMG 20211019 130145

IMG 20211019 130158

IMG 20211019 130216

IMG 20211019 130230

IMG 20211019 130132

KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM DUKUNG AKSELERASI INDONESIA SEHAT DAN PEMULIHAN EKONOMI NASIONAL

Kementerian Hukum dan HAM menyelenggarakan Seminar Nasional “Peran Kementerian Hukum dan HAM dalam Mengakselerasi Indonesia Sehat dan Pemulihan Ekonomi Nasional” dalam rangka Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2021. Seminar Nasional ini dilaksanakan secara hybrid, luring di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM serta daring melalui zoom dan youtube mengundang seluruh elemen masyarakat agar dapat berperan aktif ikut serta membangun Indonesia yang lebih baik.

WhatsApp Image 2021 10 12 at 17.25.27

Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly menyampaikan bahwa Seminar Nasional ini adalah momentum dalam mensinergikan dan mengkoordinasikan peran pemerintah sebagai katalisator dan dinamisator baik kepada masyarakat maupun dunia usaha. Hasil dari seminar ini nantinya akan dimanfaatkan sebagai rumusan kajian dan rekomendasi kebijakan di bidang Hukum dan HAM.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sebagai salah satu pilar pemerintahan turut berperan mendorong pemulihan kesehatan dan peningkatan ekonomi nasional melalui revolusi digital serta mengakselerasi kebijakan dalam mendorong kemudahan berusaha (ease of doing bussiness) melalui peran Ditjen PP dan BPHN dalam pembenahan regulasi serta peran AHU dalam penyederhanaan proses perizinan. Ditjen KI juga berperan mendukung UMKM dengan menyediakan layanan digital untuk pendaftaran merek sedangkan Ditjen Imigrasi berinovasi menciptakan visa elektronik bagi kemudahan investor. Guna mempertajam mainstreaming Bisnis dan HAM di Indonesia, Ditjen HAM juga telah membangun aplikasi penilaian risiko bisnis untuk memfasilitasi perusahaan di semua lini bisnis.

WhatsApp Image 2021 10 12 at 17.25.27 4

Pada giat ini, hadir Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin sebagai Keynote Speaker. Beliau menyampaikan bahwa kondisi pandemi ini memerlukan ketepatan dalam setiap kebijakan dan peraturan perundangundangan yang dikeluarkan guna menjaga keseimbangan antara kesehatan dan ekonomi nasional. “Aturan kedaruratan” dibutuhkan guna mencegah keterlambatan bertindak yang berpotensi menyebabkan kerugian negara yang lebih besar.

Beliau menegaskan bahwa konsep rukhsah (kemudahan pada kondisi tertentu) yang serupa dengan pintu darurat di masa krisis dapat kita aplikasikan dalam tata peraturan perundangundangan. Setiap keputusan/kebijakan harus berdasar pada azas pemerintahan yang baik utamanya azas kemanfaatan dan kepentingan umum.

Berbagai narasumber baik dari pembuat kebijakan, akademisi, praktisi kesehatan serta pelaku ekonomi berkumpul dalam seminar ini, untuk bersama-sama mendiskusikan mengenai proses dan strategi pemerintah dalam mempercepat Indonesia sehat dan pemulihan ekonomi nasional.