Di Rutan Raha, Kadivmin Tekankan Pentingnya Akuntabilitas Dalam Pengelolaan Keuangan dan BMN

Raha- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenkumham Sultra) melalui Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Kortini JM Sihotang, didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), H. Muslim, dan Kepala Sub Bagian Pengelolaan Keuangan dan BMN Lapoku memberikan penguatan bidang teknis dan fasilitatatif pada pegawai Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Raha, Selasa (5/5/2021).

Dalam kesempatan ini, Kadivmin menekankan pentingnya akuntabilitas dalam melakukan proses kegiatan terlebih dalam pengelolaan keuangan dan BMN. Keterlibatan pimpinan dalam level perencanaan, penetapan kinerja dan evaluasi kinerja, menurutnya, juga sangat penting dalam rangka upaya pemenuhan prinsip akuntabilitas. "Seiring dengan langkah penguatan peningkatan akuntabilitas kinerja,  pengelolaan Keuangan dan BMN harus senantiasa menjadi perhatian serius bagi Seluruh Satuan Kerja terutama di Rutan Raha karena 2 komponen ini menjadi roh dalam pemberian opini WTP," pesan Kortini.

Kualitas pelaksanaan anggaran baik dari sisi kesesuaian perencanaan, efektifitas pelaksanaan kegiatan, efisiensi pelaksanaan anggaran dan kepatuhan terhadap regulasi, lanjut Kadivmin, harus mampu terreflesikan di 13 Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran dan harus tertegakkan dengan baik dalam menjaga dan memelihara bobot yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Keuangan sehingga ketercapaian output, outcome serta impectnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat.

Kadivpas Siapkan Lapas dan Bapas Baubau Raih WBK

Baubau- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenkumham Sultra), melalui Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), H. Muslim didampingi Kepala Bidang Keamanan  memberikan Penguatan Tugas dan fungsi kepada seluruh petugas Pemasyarakata di Baubau, Senin (3/5/2021)

Dalam penguatan tersebut, Kadivpas menyampaikan bahwa Pegawai Pemasyarakatan harus satukan tekad dalam membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dengan memberikan pelayanan terbaik. "Berikan selalu layanan yang terbaik kepada masyarakat," ungkap H. Muslim.

Dia juga mengajak agar setiap pegawai  betul-betul memahami tupoksi masing-masing dengan tetap memperhatikan dan saling membantu satu sama lain mulai dari atasan ke bawahan dan begitupun sebaliknya. Hal ini, lanjutnya, merupakan salah satu penunjang untuk memperoleh predikat WBK/WBBM. "Mari bekerja keras, berikhtiar dan berikan pelayang yang terbaik karena hal tersebut merupakan ibadah yang beras. Terus melakukan perubahan, munculkan inovasi inovas. Sekali lagi apapun pekerjaan kita. Dukungan ada semangat kemauan dan betul-betul mau bekerja. Maka hasilnya akan baik. Kita kerjakan apa yg harus di kerjakan. Semoga kita mendapatkan kebanggaan WBK  Lapas Baubau dan Bapas Baubau dengan kerja keras kita", pesannya. 

Untuk diketahui, kegiatan ini berlangsung di aula Lapas Kelas IIA Baubau, yang diikuti oleh pegawai Lapas dan Bapas Baubau.

Upaya Pembangunan ZI, Irwil Optimis Jajaran Kemenkumham Sultra Mampu WBK/WBBM

Kendari- Dalam rangka pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM), jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenkumham Sultra) mengikuti Evaluasi oleh Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI selama dua hari (26-27 April 2021). Seluruh satker hadir langsung dalam kegiatan tersebut.

Bertempat di aula Kantor Wilayah, Inspektur Wilayah (Irwil) II Kemenkumham RI, Icon Siregar, didampingi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil), Silvester Sili Laba, Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Kortini JM Sihotang, Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), H. Muslim, Kepala Divisi Keimigrasian (Kadivim), Ganda Samosir, dan TPI memberikan penguatan pada seluruh Tim Pokja masing-masing satker, Rabu (28/3/2021).

Untuk satker dalam Kota Kendari dan Unaaha, hadir secara langsung sedangkan yang lain hadir secara virtual. Dalam kesempatan ini, Irwil menyampaikan bahwa pihaknya optimis jajaran satker Kemenkumham ditahun 2021 ini mampu bersaing dengan kemeterian lain dalam meraih predikat WBK dan juga WBBM. "Besar harapan daripada pemerintah kita, terutama kementerian kita dimana tahun 2020 kita urutan 3 dari semua Kementerian/Lembaga dalam upaya pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM. Diharapkan Kementerian kita di tahun ini minimal dari keseluruhan satker yang diusulkan kita bisa mendapatkan predikat ini 80%," ungkap Irwil.

Antusias dan semangat seluruh Tim Pokja jajaran Kemenkumham Sultra juga dia apresiasi. Hal ini menurutnya sebagai bentuk keseriusan Kemenkumham Sultra dalam memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat. "Terimakasi pada Kanwil Sultra yang semangat mengajak satkernya untuk meraih predikat WBK/WBBM. Selamat untuk kanwil yang suda pertama meraih WBK. Jadikan kementerian kita ini kementerian yang agung, ini pesan Pak Irjen. Laksanakan tugas dengan cerdas, kerja keras dan transparan. Semoga semuanya dapat predikat WBK/WBBM," pesannya.

Diakhir sambutannya, Irwil II berpesan untuk selalu mengutamakan koordinasi dan komunikasi agar seluruh satker yang diusulkan di Sultra mampu meraih predikat WBK/WBBM tersebut. "Pesann saya harus bisa semuanya masuk (WBK/WBBM). Kasatker dan Tim Pokja harus saling berkomunikasi. Terus kita cintai kementerian kita ini," tutupnya.

Sementara itu, Kakanwil berharap dengan Evaluasi yang dilakukan oleh TPI ini mampu meningkatkan semangat jajarannya dalam membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM. "Saya berharap pendampingan ini akan memacu untuk kami lebih giat dalam membangun ZI menuju WBK WBBM ini. Saya senang sekali teman-teman Inspektorat mengarahkan kita dengan manis, dengan baik dan semangatnya luar biasa. Ini membanggakan dan menyemangati kami," ungkapnya.

Usai memberikan penguatan di Kantor Wilayah, Irwil II didampingi Kakanwil, Kadivmin, Kadivim dan Kadivpas mengunjungi Kanim Kendari dan juga Lapas Kendari

Monev BMN di Bapas Baubau, Berikut Pesan Kadivmin

Baubau- Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenkumham Sultra) melalui Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Kortini JM Sihotang, didampingi Kepala Sub Bagian Pengelolaan Keuangan, Lapoku, melakukan penguatan pada pegawai Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Baubau, Senin (3/5/2021).

Penguatan tersebut salah satunya terkait dengan pengelolaan BMN dan evaluasi pelaksanaan anggaran pada satuan kerja (satker) Bapas Baubau.

Dalam kesempatan ini, Kepala Divisi Administrasi menekankan agar BMN yang sudah dihentikan penggunaannya segera ditindak lanjuti dan dilaporkan. "Disisi pengelolaan BMN masih terdapat BMN yang belum ditetapkan penggunaannya serta tindak lanjut penghapusan atas BMN yang sudah dihentikan penggunaanya akibat rusak berat dan agar segera ditindaklanjuti dan melaporkan progresnya," pesan Kadivmin.

Terkait evaluasi kualitas pelaksanaan anggaran, lanjut Kortini, dari sisi kesesuaian perencanaan dan pelaksanaan, efektifitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran dan kepatuhan terhadap regulasi yg mana di reflesikan kedalam 13 Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA). "Hasil evaluasi tersebut hendaknya dimaknai sebagai sebagai suatu koreksi dalam rangka pembinaan untuk segera dilakukan perbaikan agar hasil yang hendak kita capai dapat maksimal," pesannya

Kakanwil Minta Pegawai Rutan Kolaka Pahami Tusi Masing-Masing

Kolaka- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara Kakanwil (Kemenkumham Sultra), Silvester Sili Laba, didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas), H. Muslim, dan jajaran memberikan penguatan Tugas dan Fungsi (Tusi) pada Pegawai Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kolaka, Sabtu (24)4/2021).

Bertempat di aula Rutan Kolaka, Kakanwil membekali seluruh pegawai terkait hal-hal yang harus dipersiapkan dalam meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Kedisiplinan dan loyalitas pegawai dia tekankan pula. "Saya minta tolong pahami Tusi masing-masiang, saling sinergi dan kolaborasi. Tolong bantu karutannya secara berjenjang. Kita pingin rutan Kolaka jadi Wilayah Bebas dari Korupsi, jadi saya minta teman-teman semua semangat dalam membangun Rutan Kolaka ini", pesannya.

Dalam membangun Kementerian Hukum dan HAM, Kakanwil berharap seluruh jajarannya terutama pegawai yang ada di Rutan Kolaka itu untuk melaksanakan tugas dan fungsi sesuai aturan yang ada. "Saya minta teman-teman jalankan Tusinya sesuai aturan. Kalau masing-masing memerankan fungsinya dengan pas, Kementerian kita tidak akan susah, Kantor Wilayah tidak susah," lanjutnya.

Selain hal tersebut, Kakanwil juga menekankan kepada seluruh pegawai untuk memberikan pelayanan dengan baik kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). "Berikan Pelayanan sepenuh hati pada warga binaan. Layani mereka dengan baik, tanpa mereka kita tidak akan ada. Tolong tunjukan, karna mereka butuh belaian dan kasih sayang. Kasihi mereka, layani mereka, jaga mereka, arahkan mereka," tutupnya.