Cegah Tindak Pidana Pencucian Uang di Kalangan Notaris, Kumham Sultra Perkenalkan SILARIS Kepada OJK

Kendari – Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tenggara Hidayat Yasin memperkenalkan Aplikasi Silaris (Sistem Informasi Pelaporan Notaris) di Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Sulawesi Tenggara. Senin (06/11/2023)

IMG 20231106 WA0004

Hal ini dilakukan dalam upaya meminimalisir Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang bisa terjadi kapan dan dimana saja, termasuk dalam transaksi yang dilakukan oleh Notaris. Sebagai bentuk pencegahan, Kanwil Kemenkumham Sultra menghadirkan Aplikasi Silaris (Sistem Informasi Pelaporan Notaris).

Kadiv Yankumham Hidayat Yasin menjelaskan, Aplikasi Silaris merupakan aplikasi berbasis website dan terintegrasi dengan aplikasi Sistem laporan Informasi Layanan Berbasis Aplikasi (SILILABA).

Beliau juga menambahkan bahwa Aplikasi Silaris diperuntukkan bagi para notaris untuk memudahkan dalam penginputan laporan.

“Aplikasi ini berisi data notaris, laporan bulanan, Reportorium, Waarmeking hingga penilaian kepatuhan notaris. Saat ini aplikasi sedang kita kembangkan,” Ungkap kadiv Yankumham

Yang terpenting kata Kadiv Yankumham , kehadiran Aplikasi Silaris bisa membantu pihaknya dalam mencegah TPPU yang berpotensi terjadi pada transaksi setiap notaris di Sultra.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Sultra, Arya Prabu Rizal mengapresiasi kehadiran Aplikasi Silaris. Menurutnya, aplikasi tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat dan pihaknya sebagai pengawas Industri Jasa Keuangan (IJK).

“Aplikasi Sililaba ini dapat memastikan seluruh notaris yang bekerja sama dengan bank itu terdaftar dan memiliki izin. Jadi kita bisa memastikan tidak terjadi Tindak Pidanan Pencucian Uang. Kami mendukung kehadiran Aplikasi ini,” pungkasnya.

logo besar kuning
 
KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM
PROVINSI SULAWESI TENGGARA
PikPng.com school icon png 2780725   Jl. Abunawas No. VIIA, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93461
PikPng.com phone icon png 604605   +6813-55554600
PikPng.com email png 581646   Email 
    kanwilsultra@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   Email Pengaduan
    humaskemenkumhamsultra@gmail.com

 

 

facebook kemenkumham   twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham
logo besar kuning
 
KANWIL KEMENKUMHAM
SULAWESI TENGGARA


  twitter kemenkumham   instagram kemenkumham   linked in kemenkumham   Youtube kemenkumham   rss kemenkumham

  Jl. Abunawas No. VIIA, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93461
PikPng.com phone icon png 604605   0813-55554600
PikPng.com email png 581646   kanwilsultra@kemenkumham.go.id
PikPng.com email png 581646   humaskemenkumhamsultra@gmail.com

Copyright © Pusat Data dan Teknologi Informasi
Kemenkumham RI