Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkumham, Andap Budhi Revianto mengajak untuk mengimplementasikan efisiensi dan efektifitas birokrasi sesuai arahan Presiden Jokowi.
Hal tersebut dikemukakan saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Pengendalian Dukungan Program Manajemen Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2024 yang juga dihadiri Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara Silvester Sili Laba, Kepala Divisi Administrasi Sunu Tedy Maranto dan Kepala Bagian Program dan Humas Ruslan di Hotel Grand Mercure Harmoni Jakarta, Selasa (16/07).
Andap mengatakan hal yang mendasari kegiatan Rakordal Dukman Tahun 2024 yaitu untuk mengimplementasikan arahan presiden perihal efektivitas dan efisiensi birokrasi diantaranya Money Follow Program, Stop Pemborosan Anggaran, E-Goverment dan Fokus Kerja. "Yang juga diharapkan presiden dalam hal efisiensi yaitu hemat anggaran dari kegiatan yang tidak penting, fokus program kegiatan yang mendukung pencapaian tujuan pembangungan serta anggaran yang digunakan hasil manfaat besar untuk masyarakat", ungkapnya.
Kemudian Andap menjelaskan yang menjadi acuan berikutnya yaitu arahan Menteri Hukum dan HAM dalam menyukseskan Pencapaian Kinerja Kemenkumham Tahun 2024. "Bekerjalah dengan jujur dilandasi hati yang bersih yang pikiran yang positif hanya untuk mengabdi kepada Tuhan, Masyarakat, Bangsa dan Negara", sampaikan pesan menteri.
"Tolong hal-hal seperti ini dipahami, dipedomi oleh rekan-rekan secara keseluruhan sehingga selaku pimpinan sesuai dengan levelnya ringnya. Mengerti apa yang diharapkan oleh pimpinan nasional dalam hal ini Bapak Presiden, apa yang diharapkan oleh menteri sebagai penjabaran dari arahan Bapak Presiden Republik Indonesia", tegas Andap.
Menutup arahannya Andap berpesan jangan hanya sekedar hadir saja, tetapi ikuti proses dan pelaksanaan rakor ini dengan sebaik-baiknya. "Pahami hasil rakor ini, sampaikan kembali kejajaran dengan utuh, diharapkan jangan sampai nanti ada Kabag PPL Kanwil yang meminta penjelasan Kembali kepada Setjen", tegasnya.
Sebagai informasi, kegiatan rapat koordinasi juga dirangkaikan launching aplikasi e-SOP dan launching pembaharuan aplikasi simpeg.