Kendari - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tenggara Silvester Sili Laba memimpin apel pagi bersama seluruh jajaran pegawai pada lingkungan kanwil kemenkumham sultra secara hybrid di aula kanwil. Selasa (05/03/2024)
Mengawali arahannya kakanwil mengontrol update terkini dari pelaporan kegiatan baik yang ada di kanwil maupun Unit Pelaksana Teknis (UPT) pada Aplikasi SILILABA (Sistem Laporan Informasi Berbasis Aplikasi). Aplikasi SILILABA ini merupakan terobosan dalam dunia digital untuk memberikan transparansi, baik informasi Kantor Wilayah, Lapas/Rutan, Bapas serta Keimigrasian, dan dapat diakses oleh masyarakat.
Berdasarkan data yang ditampilkan kakanwil belum cukup puas dengan penginputan laporan kegiatan oleh Kantor Wilayah Pada setiap divisi, hal ini terjadi akibat dari laporan kegiatan setiap divisi yang diinput tidak menyeluruh dan tidak secara real time. Padahal jika dilihat dari agenda kegiatan dari setiap divisi, pasti setiap minggunya ada kegiatan yang telah dilaksanakan maka dari itu seharusnya setiap kegiatan yang telah dilaksanakan segera dilaporkan dan diinput pada Aplikasi SILILABA.
Kemudian untuk UPT baik di jajaran Imigrasi maupun Pemasyarakatan, kakanwil sangat puas dengan setiap pelaporan harian yang berhasil diinput oleh masing-masing UPT. Pelaporan harian yang diinput sudah menyeluruh setiap harinya serta dilakukan secara real time. Kakanwil pun memberikan apresiasi kepada setiap UPT yang telah melakukan pelaporan tersebut dengan sangat baik.
Selanjutnya Kakanwil melakukan kontrol terhadap penggunaan Aplikasi SISUMAKER (Sistem Surat Masuk dan Surat Keluar), dengan melihat semua proses surat masuk dan surat keluar, kakanwil mengharapkan kepada kantor wilayah maupun UPT agar baik disposisi, koreksi surat menyurat dilakukan pada satu pintu yaitu SISUMAKER.
Pada Kesempatan yang sama Kakanwil juga mengevaluasi hasil Survei Persepsi Anti Korupsi (SPAK) & Survei Persepsi Kualitas Pelayanan (SPKP) satuan kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sultra. Berdasarkan hasil yang ditampilkan kakanwil sangat puas dengan hasil survey, namun beliau berharap agar sarana dan prasarana serta kualitas pelayanan publik terus ditingkatkan.
Kakanwil berharap seluruh pejabat baik di kantor wilayah ataupun UPT agar terus melakukan evaluasi pelayanan publik serta dapat mempertanggungjawabkan tugasnya dengan baik demi menjaga integritas dan komitmen organisasi bersama.