Dalam rangka mewujudkan Pelayanan Publik yang baik dan prima, salah satunya dengan mengoptimalkan peran kehumasan dalam sebuah instansi, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulawesi Tenggara melalui Kepala Sub Bagian Kehumasan RB dan TI beserta Staf mengikuti kegiatan pembinaan dan koordinasi Humas, Hukum dan Kerjasama secara virtual di Ruang WBK/WBBM, Jumat (2/8/2024).
Kegiatan yang terpusat di Kanwil Kemenkumham Papua ini digelar oleh Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama diikuti oleh 9 (Sembilan) Kantor Wilayah yakni Kemenkumham Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara dan Kanwil Papua Barat, secara virtual dipimpin langsung oleh Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama Hantor Situmorang, didampingi Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba bertujuan untuk memberikan pelatihan dan penguatan atas fungsi Advokasi Hukum, Kehumasan, Kerja Sama Dalam Negeri, dan Kerja Sama Luar Negeri kepada pegawai Kantor Wilayah dan UPT sekitar yang melaksanakan fungsi tersebut.
Dalam Sambutan Kakanwil Kemenkumham Papua, Anthonius M. Ayorbaba, S.H.,M.Si Berterima kasih dan Apresiasi kepada Karo Hukerma boleh mengunjungi langsung dan dapat melaksanakan kegiatan ini bersama 9 Kantor Wilayah.
"Dengan kerja-kerja Humas Pemerintah dapat memberikan trust dari Masyarakat melalui kerja-kerja kehumasan dalam waktu cepat memberikan laporan," Tegas Kakanwil Ayorbaba.
Di sisi lain, menurut Ayorbaba dengan Kerja Humas Masyarakat pun dapat mengetahui informasi baik melalui tantangan kinerja Humas Pemerintah, jika ada komplen dari Masyarakat melalui e-Lapor mampu direspon dengan cepat, maupun melalu Media Sosial Kanwil.
Berkaitan dengan kerja sama luar negeri, kaya Ayorbaba tentu kinerja Kemenkumham diminta untuk mengembangkan kerja sama melalui Aplikasi P2MA, Hubungan Kelembagaan.
Selanjutnya Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja sama Hantor Situmorang, dalam penyampaian materi menjelaskan peran Kehumasan ini tidak hanya ada pada Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama saja tetapi juga di Kantor Wilayah bahkan sampai pada Satuan Kerja untuk membangun kepercayaan masyarakat kepada Kementerian Hukum dan HAM RI.
“Humas merupakan ujung tombak sebuah instansi yang memiliki peran yang sangat krusial dalam membangun dan memperkuat citra positif sebuah instansi pemerintah. Marilah kita tingkatkan peran kita semua dan tingkatkan kepedulian kita serta mengikuti perkembangan-perkembangan yang ada. Kecepatan menjawab dan merespons menjadi penting dalam pengelolaan aplikasi LAPOR! dan pengelolaan informasi krisis pada mediA, tegas Hantor (2/8)
Hantor juga menjelaskan Kegiatan ini melibatkan berbagai sesi pelatihan yang fokus pada peningkatan keterampilan komunikasi, penulisan berita, dan manajemen media sosial. Selain itu, diadakan pula diskusi mengenai strategi efektif dalam menghadapi krisis komunikasi dan bagaimana membangun hubungan yang baik dengan media massa. Jadi kepada rekan-rekan Humas agar melakukan koordinasi dan Komunikasi jika ada kendala yang dihadapi di Kawil masing-masing.